CewekBanget.ID - Seperti yang kita ketahui, lulusan vokasi diharapkan mampu untuk langsung terjun ke dunia kerja dan menggunakan berbagai kemampuan yang telah dipelajari untuk diterapkan di bidang pekerjaannya yang sesuai.
Tapi selain kemampuan spesifik bagi bidang pekerjaan tertentu, kita enggak boleh mengabaikan skill atau kemampuan umum yang bakal berguna di dunia kerja, lho.
Salah satu kemampuan yang sebaiknya kita pelajari dan kuasai sebelum memulai kerja adalah skill menggunakan software yang tergabung dalam Microsoft Office.
Microsoft Office memang jadi software yang paling banyak digunakan untuk berbagai keperluan, khususnya dalam dunia kerja.
Yuk, kepoin 5 skill Microsoft Office dasar yang simple tapi bakal berguna banget di dunia kerja!
Baca Juga: Apa Itu Link and Match Vokasi? #Girls4TheFuture Cari Tahu Yuk!
Membuat dan Mengedit Formula di Microsoft Excel
Skill yang satu ini dijamin bakal berguna banget bagi kita yang pekerjaannya kebanyakan berkisar di Microsoft Excel atau harus berhadapan dengan spreadsheet.
Meski terlihat rumit, sebetulnya kita cukup belajar membuat dan mengedit formula-formula dasar di Microsoft Excel untuk membuat pekerjaan selesai dengan lebih cepat dan efisien.
Formula sederhana selalu dimulai dengan simbol sama dengan (=) yang diikuti dengan konstan nilai angka dan operasi perhitungan seperti tambah (+), kurang (-), 'asterisk (*)', atau garis miring (/).
Ini akan mempermudah kita dalam menjumlahkan, mengurangi, mengalikan, dan membagi angka data, serta membuat kita lebih gampang menyaring kembali data sesuai kategori yang dibutuhkan kalau kita sudah cukup mahir bermain dengan rumus operasi dan formula yang tersedia pada Microsoft Excel.
Menggunakan Fitur Editing dan Proofreading di Microsoft Word
Proses menyunting dan proofreading sebetulnya jadi jauh lebih mudah dilakukan kalau kita menggunakan Microsoft Word.
Pada dasarnya, Microsoft Word memang memiliki fitur pengecekan ejaan (spellcheck) yang dapat membantu kita mengecek dan memperbaiki penulisan atau penempatan kata dalam sebuah kalimat.
Tapi selain fitur tersebut, ada pula sejumlah fitur lain di Microsoft Word yang dapat membantu kita menyunting teks dengan lebih cepat dan akurat, dan hal ini bisa diklasifikasikan sebagai skill kita di bidang Microsoft Word.
Kita bisa mengecek jejak perubahan pada teks dengan fitur Track Changes hingga meninggalkan komentar atau catatan pada bagian tertentu dari teks lewat fitur Comments.
Baca Juga: #Girls4TheFuture, Ini 5 Alasan Link and Match Vokasi dengan Industri Bisa Atasi Pengangguran!
Mendesain Presentasi yang Menarik di Microsoft PowerPoint
Membuat presentasi di Microsoft PowerPoint relatif mudah, tapi kemampuan merancang slide show presentasi yang menarik dan informatif adalah hal lain yang bisa kita pelajari sebagai skill dalam menggunakan Microsoft PowerPoint.
Memiliki skil mendesain presentasi PowerPoint yang menarik berarti memahami jenis presentasi yang mungkin akan disukai khalayak, merancang tampilan materi yang enggak ribet, to the point, sekaligus tetap memuat informasi yang cukup, dan memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik.
Dengan presentasi yang baik serta penyajian materi yang menarik lewat Microsoft PowerPoint, dijamin kita akan mampu meyakinkan orang lain dan mencapai tujuan kita, khususnya dalam hal berbisnis.
Menggunakan Microsoft Outlook
Mungkin kita enggak begitu familier dengan Microsoft Outlook, tapi software Microsoft yang satu ini sering digunakan oleh berbagai perusahaan untuk bekerja dalam kelompok besar.
Bukan hanya berfungsi untuk mengirim surat elektronik, Outlook juga menyediakan fitur untuk membuat jadwal secara detail dan menyortir komponen yang dapat membantu kita berkomunikasi dengan klien atau perekrut yang potensial.
Skill Microsoft Outlook bisa kita pelajari mulai dari sekarang agar kita lebih terbiasa menggunakannya.
Baca Juga: Ikut Program Vokasi, Ini 5 Manfaat yang #Girls4TheFuture Bisa Dapatkan
Membuat Produk Cetak di Microsoft Publisher
Sudah tahu belum nih, kalau kita bisa membuat konten seperti program acara dan bulletin di Microsoft Publisher?
Enggak seperti lewat Microsoft Word atau PowerPoint, misalnya, Microsoft Publisher memang dirancang untuk membuat materi publikasi sehingga fitur yang disediakan akan jauh lebih memudahkan kita untuk membuat konten semacam itu.
Kita dapat mempelajari kemampuan menggunakan Publisher serta berbagai fitur dan teknik formatting yang berkaitan dengan percetakan dokumen yang terdiri dari banyak halaman hingga produk seperti booklet.
(*)