Jangan Minder! Ini 6 Kelebihan Kita yang Punya Kepribadian Introvert

By None, Kamis, 18 November 2021 | 14:00 WIB
Drama School 2021 (KBS)

CewekBanget.ID - Jadi seorang introvert di zaman modern seperti sekarang memang serba salah.

Kita dicap sebagai orang yang antisosial, pemalu, dan penyendiri.

Padahal sebenarnya introvert enggak seperti yang kita bayangkan dan punya kelebihan yang enggak dimiliki para ekstrovert, lho!

Penulis The Introverted Leader: Building on Your Quiet Strength, Dr. Jennifer Kahnweiler, mengatakan seorang introvert mendapatkan energinya dengan cara menghabiskan waktu sendirian.

Sebuah studi pada tahun 2008 yang diterbitkan dalam Journal of Motor Behavior, menemukan bahwa introvert menemukan waktu lebih lama untuk memproses informasi daripada ekstrovert.

Kahnweiler mengatakan ini sebenarnya karena introvert lebih bijaksana dalam memproses sesuatu, sehingga butuh waktu ekstra untuk memahami suatu ide.

Dan masih ada banyak lagi kelebihan seorang introvert yang harus lebih dihargai di zaman modern seperti sekarang, nih.

Baca Juga: Bukan Anti Sosial, Sebenarnya Ini Perbedaan Introvert dan Ekstrovert!

Dilansir dari Time via Parapuan, ini 6 kelebihan punya kepribadian introvert!

1. Pendengar yang baik

Introvert secara alami mahir dalam mendengarkan orang lain secara aktif.

Penulis dari The Introvert Entrepreneur: Amplify Your Strengths and Create Success on Your Own Terms bernama Beth Buelow, punya pendapatnya.

"Kami (introvert) cenderung menjadi teman atau kolega yang bisa dihubungi saat seseorang kesal atau punya kabar untuk dibagikan," ujarnya.

Orang ekstrovert biasanya lebih cenderung terjun ke dalam percakapan, sebelum sepenuhnya memproses apa yang dikatakan orang lain.

Sementara introvert memproses informasi yang mereka terima secara internal.

Keterampilan inilah yang memungkinkan mereka untuk mendengar, memahami, dan memberikan wawasan yang dipertimbangkan dengan cermat sebelum merespon sesuatu.