Say No to Drugs! Ini Penjelasan tentang Kecanduan Narkoba pada Remaja

By Salsabila Putri Pertiwi, Selasa, 14 Desember 2021 | 21:05 WIB
Ilustrasi narkoba (foto : kompas)

CewekBanget.ID - Kasus kecanduan narkoba pada remaja bukan hal baru dan sayangnya masih sangat sering terjadi.

Enggak jarang, kita mendengar masyarakat hingga tokoh publik seperti artis idola remaja ditangkap atas penyalahgunaan narkoba.

Sebenarnya kenapa ya, remaja kerap terjebak dalam kasus kecanduan narkoba hingga dapat membahayakan dirinya sendiri dan orang lain serta membuat ia harus berhadapan dengan hukum?

Baca Juga: Perhatikan, Ini 3 Tanda Fisik Remaja yang Jadi Pecandu Narkoba!

Penyebab Remaja Rentan Kecanduan Narkoba

Menurut dr. Nadia Octavia dalam artikelnya di Klikdokter, salah satu penyebab remaja kerap terjebak dalam candu narkoba adalah tekanan sosial.

Memang, remaja kerap berada dalam posisi membingungkan di tengah upaya mencari jati diri dan akan melakukan apapun yang dilakukan teman-teman atau sosok idolanya.

Bukan enggak mungkin, seseorang kemudian mencoba melakukan hal yang sama dengan orang lain di sekitarnya agar enggak dikucilkan atau merasa tertinggal, apa lagi di tengah krisis identitas yang kerap dialami pada rentang usia tersebut.

Selain itu, melansir dari Mayo Clinic, faktor seperti riwayat penyalahgunaan narkoba di dalam keluarga, masalah kesehatan mental dan perilaku, hingga riwayat pengalaman traumatis juga dapat menjadi faktor penyebab remaja terlibat dalam penyalahgunaan narkoba dan berakhir dengan kecanduan.

Baca Juga: Rizky Nazar Ditangkap Polisi Pakai Ganja, Fans: Pasti Hoaks Kan?