Awas! Kalau Alami 5 Hal Ini Tandanya Kita Terkena Kanker Lambung!

By Siti Fatimah Al Mukarramah, Sabtu, 1 Januari 2022 | 17:50 WIB
Ilustrasi kanker lambung (yoyic.id)

CewekBanget.ID - Selama ini mungkin banyak dari kita yang cuma concern sama GERD atau gastritis, penyakit yang berkaitan sama lambung ya, girls.

Padahal ada jenis kanker yang dapat menyerang lambung yang perlu kita waspadai!

Faktanya, kanker lambung enggak menimbulkan gejala di stadium awal. Penderitanya baru akan menyadari kalau dirinya terkena kanker lambung pada saat udah stadium lanjut seperti yang dikutip dari Grid Health.

Lantas, apa yang bisa jadi patokan bagi kita untuk menyadari apakah kita terkena kanker lambung atau enggak?

Baca Juga: Asam Lambung Naik? Segera Konsumsi 5 Makanan Ini Buat Mengatasinya!

FYI, faktor risiko kanker lambung kebanyakan diderita oleh pasien berusia 60-80 tahun dan disebabkan oleh Helicobactor pylori, rokok, obesitas, makanan yang diproses atau diasinkan, dan genetika.

"Penyebab meningkatnya risiko kanker lambung secara kondisi medis karena adanya infeksi helicobacter pylori pada lambung, metaplasia usus, atrophic gastritis kronis, anemia pernisiosa, ataupun polip lambung," ucap Prof. Aru. Sudoyo, SpPD, KHOM, FINASIM, FACP dalam webinar Yayasan Kanker Indonesia (YKI) bersama Taiho Pharma Singapore PTE. LTD. bertajuk “Penyakit Lambung Biasa atau Kanker Lambung?”  (16/11/2020) melalui Grid Health.

Sedangkan secara genetik, penyebab meningkatnya risiko kanker ini adalah jika ibu, ayah, kakak atau adik memiliki kanker gaster, golongan darah A, Li-fraumeni syndrome, familial adenomatous polypsis (FAP) dan hereditary nonpolyposis colon cancer.