Cewekbanget.ID – Meski situasi pandemi Covid-19 memaksa banyak orang berkegiatan di rumah saja, nyatanya tren produk kecantikan tetap berkembang, girls.
Pasalnya, sebagian besar pertemuan kelas atau kantor tetap menuntut kehadiran, meski digelar secara online melalui video conference. Enggak jarang, orang-orang ingin tetap tampil menarik di hadapan kamera.
Tokopedia, salah satu perusahaan teknologi di Indonesia, pun mengungkap beberapa produk kecantikan yang menjadi populer pada awal 2022, dibandingkan pada Desember 2021.
Adapun produk kecantikan yang dimaksud adalah pencukur alis, eyebrow powder, pinset komedo, alat potong rambut, dan cushion.
Baca Juga: 3 Brand Kecantikan Lokal Ini Gaet Seleb Korea sebagai Brand Ambassador
Category Development (Beauty and Personal Care) Senior Lead Tokopedia, Sherine Pranata, mengatakan respons positif masyarakat terhadap produk kecantikan tersebut mendorong Tokopedia untuk menggencarkan berbagai kampanye kecantikan.
“Kami terus berupaya membantu masyarakat memenuhi kebutuhan akan produk kecantikan lewat berbagai kampanye,” kata Sherine.
Kampanye Tokopedia Beauty Dealight dan Beauty Flash Friday, misalnya, yang menyediakan produk kecantikan terkurasi, termasuk dari pegiat usaha mikro kecil menengah (UMKM) lokal.
Produk yang disediakan dalam kampanye tersebut antara lain peralatan make up, perawatan diri, dan skincare dengan harga yang terjangkau.
Baca Juga: 4 Kabar Terhangat dari Dunia Beauty, Ada Brand Lokal Hadir di Paris Fashion Show 2022!
Selain itu, ada juga kampanye Cantik Fest yang menghadirkan berbagai kurasi produk kecantikan, fesyen, dan rumah tangga dengan sederet benefit menarik. Mulai dari diskon harga, cashback spesial, dan gratis ongkos kirim (ongkir).
Menurut Sherine, Tokopedia tidak hanya membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan produk kecantikan, tetapi juga mendorong pertumbuhan UMKM lokal di bidang kecantikan agar menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia.
Oleh sebab itu, Tokopedia rutin menggelar ajang penghargaan tahunan bertajuk Tokopedia Beauty Awards. Ajang tersebut digelar khusus untuk mengapresiasi pelaku UMKM lokal di kategori Kecantikan dan Perawatan Diri.
Pada Tokopedia Beauty Awards 2021, misalnya, Tokopedia menobatkan beberapa brand lokal pilihan masyarakat Indonesia sebagai pemenang dalam sejumlah kategori.
Baca Juga: Punya Visual Menarik, Recreate Natural Makeup Olivia Rodrigo, Yuk!
Sebut saja brand lokal Somethinc (Best Serum), Whitelab (Best Face Mask dan Best Eye Cream), HMNS (Best Fragrance), dan Sundae Shower (Best Artisan Body and Hair).
Enggak hanya itu, Tokopedia juga menggelar program bertajuk Hyperlocal. Melalui program ini, Tokopedia fokus mendekatkan pelaku UMKM lokal kecantikan di berbagai daerah dengan pembeli setempat.
Program Hyperlocal pun diketahui telah mendorong peningkatan jumlah penjual (seller) di kategori Kecantikan di Tokopedia. Tidak hanya di area Jabodetabek, tetapi juga di berbagai wilayah di Indonesia.
“Kami mencatat, Surakarta, Palembang, Yogyakarta, Makassar, dan Pekanbaru menjadi beberapa kota dengan pertumbuhan jumlah penjual di kategori Kecantikan paling tinggi selama 2021 dibandingkan 2020,” ujar Sherine.