Penting! Kuasai 5 Kemampuan Komunikasi Ini Sebelum Mulai Kerja

By None, Sabtu, 21 Mei 2022 | 09:30 WIB
ilustrasi wawancara kerja ()

Cewekbanget.ID - Yuk ngacung, siapa yang sebentar lagi akan lulus dan siap mencari kerja?

Zaman sekarang, kita sebagai pencari kerja bukan cuma dituntut untuk bisa profesional dan menguasai kemampuan bekerja, tapi juga perlu adanya kemampuan komunikasi.

Karena sebagus apapun hasil kerjaan kita, kalau enggak dibarengi dengan kemampuan komunikasi yang baik, kita bakalan susah untuk naik pangkat, lho.

Belum lagi kita bakal berhubungan dengan banyak orang, sehingga kemampuan berkomunikasi jadi penting banget di tempat kerja.

Untuk itu, dilansir dari Fast Company via Parapuan, ini 5 skill komunikasi yang harus kita miliki sebelum mulai kerja!

1. Menampilkan bahasa tubuh

Kita mungkin enggak sadar, tapi sebenarnya bahasa tubuh dalam berkomunikasi bisa lebih dari sekadar kata-kata.

Maka itu, kita perlu menyadari cara berkomunikasi dengan tindakan dan gerakan.

Misalnya, kita menyilangkan lengan atau menghindari kontak mata.

Jika iya, maka coba perbaiki perilaku ini dengan melakukan kontak mata saat berkomunikasi.

Baca Juga: Ars-Vita Alamsyah Perempuan Indonesia Pertama Bekerja di SpaceX Milik Elon Musk

2. Berpikir dengan open minded

Tetap berpikir dengan open minded atau secara terbuka adalah keterampilan komunikasi yang sangat penting, terutama jika kita baru memulai bekerja.

Kalau kita seorang karyawan pemula atau karyawan baru, penting untuk dapat terhubung dengan rekan kerja dan memahami budaya perusahaan organisasi.

Bersikaplah terbuka terhadap cara baru dan jangan menutup diri jika anggota tim baru memiliki proses yang berbeda daripada yang biasa kamu lakukan.

3. Menunjukkan respek

Menghargai ruang dan waktu orang lain itu penting, terutama jika hal yang kita bicarakan adalah topik sensitif.

Respek atau rasa hormat menunjukkan keterampilan komunikasi, karena hal ini dapat terlihat dari cara kita berbicara dan mendengarkan.

Hindari merendahkan seseorang, siapapun itu.

Hal ini enggak bakalan menciptakan lingkungan yang positif di tempat kerja. Hormati perasaan serta perspektif orang lain.

Baca Juga: Girls, Siap-Siap Masuk Dunia Kerja dengan Lakukan 4 Hal Ini!

4. Bersedia memberikan umpan balik

Keterampilan komunikasi ini penting jika kita sudah berada di tingkat senior. Pasalnya, umpan balik kita bisa membantu rekan lain dan bisnis berkembang.

Tapi bukan berarti terus mengoreksi kesalahan. Bisa jadi kita memuji seseorang atas pekerjaannya.

Namun, kalau memang perlu memperbaiki kesalahan teman kerja, enggak ada salahnya untuk memujinya lebih dulu, karena akan membuatnya lebih mudah menerima umpan balik negatif.

5. Bersedia bertanya pertanyaan

Kalau kita seorang karyawan baru di sebuah perusahaan atau masih fresh graduate, boleh jadi kita takut bertanya pada manajer atau atasanmu.

Namun, kita perlu tahu kemauan dan kemampuan untuk bertanya adalah keterampilan komunikasi yang penting di tempat kerja.

Ini karena mengajukan pertanyaan akan membantu memperjelas hal-hal di tempat kerja, entah itu soal proyek ataupun masalah dengan rekan kerja.

Sebaliknya kalau kita sudah jadi pemimpin di sebuah perusahaan, kita bisa mengajukan pertanyaan untuk memberikan arahan dan bimbingan yang benar ke rekan kerja, lho.

Nah, itu dia 5 keterampilan komunikasi yang wajib kita butuhkan di tempat kerja untuk menunjang kemajuan karier. 

Sudah kuasai berapa skill komunikasi, girls?

Baca Juga: Punya Atasan Nyebelin dan Toxic, Gini Cara Kita Menghadapinya!

(Aghnia Hilya Nizarisda/Parapuan)

Artikel ini telah tayang di Parapuan dengan judul "Catat! Ini 5 Keterampilan Komunikasi yang Dibutuhkan di Tempat Kerja"

(*)