Harapan Sandiaga Uno Bagi Generasi Muda dalam Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan

By Elizabeth Nada, Kamis, 9 Juni 2022 | 21:45 WIB
Sandiaga Uno (CewekBanget.ID / Nada)

CewekBanget.ID - Girls, isu pariwisata berkelanjutan memang jadi salah satu isu yang sedang digencarkan pemerintah, khususnya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Indonesia.

Bukan tampa alasan, sebab pariwisata berkelanjutan merupakan sebuah kesepakatan antar negara-negara melalui United Nation World Tourism Organization (UNWTO).

Sekilas tentang pariwisata berkelanjutan di Indonesia

Dalam website resmi Kemenparekraf, yakni kemenparekraf.go.id, dijelaskan bahwa yang dimaksud dengan pariwisata berkelanjutan adalah pengembangan konsep berwisata yang dapat memberikan dampak jangka panjang.

Baik itu terhadap lingkungan, sosial, budaya, serta ekonomi, untuk masa kini dan masa depan bagi seluruh masyarakat lokal maupun wisatawan yang berkunjung.

Dalam upaya mengembangkan pariwisata berkelanjutan, Kemenparekraf memiliki empat pilar fokus yang dikembangkan.

Mulai dari pengelolaan berkelanjutan (bisnis pariwisata), ekonomi berkelanjutan (sosio ekonomi) jangka panjang, keberlanjutan budaya yang harus selalu dikembangkan dan dijaga, serta aspek lingkungan.

Hospitour 2022

Berkaitan dengan itu, sebagai institusi di bidang pariwisata, Fakultas Pariwisata Universitas Pelita Harapan (UPH) turut berpartisipasi dalam upaya meningkatkan kesadaran generasi muda untuk ikut berkontribusi.

Baca Juga: UNESCO Khawatirkan Proyek Jurassic Park di Pulau Komodo, Pemerintah Indonesia Diminta Hentikan

Ikut bertanggung jawab dalam menjalankan pariwisata yang berkelanjutan, Fakultas Pariwisata UPH pun mengadakan penyelenggaraan HOSPITOUR.

HOSPITOUR 2022 mengambil tema “RESET” yang merupakan kepanjangan dari Reinforcing Economic Sustainability by Empowering Local Tourism.