Pendengaran Mengalami Gangguan? Kenali Jenis dan Cara Mengatasinya!

By Salsabila Putri Pertiwi, Minggu, 17 Juli 2022 | 23:45 WIB
Membersihkan kotoran telinga dengan Cotton Bud (foto : kompas.com)

CewekBanget.ID - Kadang tampak sepele, tapi gangguan telinga dan pendengaran sekecil apapun yang kita rasakan jangan diabaikan begitu saja, ya.

Mungkin kita pernah merasakan bagian dalam telinga seperti penuh, berair, tersumbat, nyeri, dan sebagainya.

Bukan cuma satu, ada beberapa jenis gangguan pendengaran yang membutuhkan penanganan berbeda-beda tergantung penyebab dan gejalanya.

Makanya, lebih baik mengenali jenis-jenis gangguan pendengaran berikut ini agar kita dapat mengatasinya dengan cara yang tepat, ya.

Gangguan Pendengaran Konduktif

Gangguan pendengaran konduktif terjadi ketika suara enggak dapat ditransmisikan dengan baik karena adanya gangguan pada telinga luar atau tengah.

Beberapa penyebab gangguan pendengaran konduktif antara lain kotoran telinga berlebihan yang menghalangi saluran telinga, kelainan bentuk telinga atau bagian telinga di luar kanal, dan infeksi serta cairan di telinga tengah.

Dalam banyak kasus, gangguan pendengaran konduktif dapat diobati secara medis.

Gangguan Pendengaran Sensorineural

 
Gangguan pendengaran sensorineural memengaruhi koklea, organ pendengaran dalam telinga bagian dalam, atau saraf di luar telinga bagian dalam. 

Kebanyakan gangguan pendengaran sensorineural bersifat permanen dan enggak dapat diobati secara medis.

Gangguan ini pun dapat mengakibatkan kesulitan membedakan suara dan memahami pembicaraan.

Terdapat banyak penyebab gangguan pendengaran sensorineural, seperti proses penuaan, genetika, terlalu lama terkena suara keras, dan pengaruh atau efek samping obat-obatan tertentu.