Baru Masuk Kantor, #GirlsIn5piration Jangan Lakukan Ini di Group Chat!

By Salsabila Putri Pertiwi, Rabu, 5 Oktober 2022 | 20:20 WIB
Illustrasi kegiatan kerja (foto: kompas.com)

CewekBanget.ID - Adakah di antara kita #GirlsIn5piration yang belum lama ini menjadi 'anak kantoran'?

Mungkin ada beberapa dari kita yang baru pertama kali merasakan dunia kerja dan didapuk sebagai karyawan di sebuah instansi atau perusahaan.

Selamat ya, girls, semoga sukses selalu!

Nah, tapi ingat, kita enggak bisa lagi bersikap seenaknya saat sudah berada di lingkungan kerja.

Sesimpel cara kita berperilaku di dunia maya dan ruang obrolan daring saja, jadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan.

Ingat, hindari melakukan hal-hal ini di group chat kantor, ya!

Terlalu Sering Tebak-Tebakan Iseng

Keisengan kadang jadi cara seseorang untuk berusaha lebih dekat dengan orang lain.

Kadang kita merasakan dorongan untuk agak 'jahil' dengan bikin rekan kerja kita menebak-nebak sesuatu, supaya kita bisa memberikan kejutan kepadanya.

Tapi di chat room, jangan terlalu sering mengirim pesan yang bikin orang lain menebak-nebak deh! Apa lagi di tengah jam sibuk dan kita tahu rekan kerja kita mood-nya sedang buruk.

Jadi, kalau memang ada yang hendak disampaikan, utarakan saja to the point agar kita enggak bikin orang lain bete.

Baca Juga: Meyakinkan, Tips #GirlsIn5piration Agar Lamaran Internship Diterima!

Mengirim Chat Satu per Satu atau Kepanjangan

Duh, sudah sedang sibuk, pakai ada bunyi notifikasi yang enggak kunjung berhenti! Bete abis, kan?

Itulah yang mungkin dirasakan rekan kerja kita ketika kita terbiasa mengirim bubble chat satu per satu.

Apa lagi dengan setiap pesan yang sangat singkat dan sebetulnya bisa dirangkai jadi sebuah kalimat yang efektif saja.

Jangankan membalas, sekadar bacanya saja sudah keburu malas.

Tapi jangan juga mengirim pesan terlalu panjang, karena enggak semua orang punya waktu untuk membaca pesan tersebut.

Langsung saja pada intinya, kenapa kita merasa perlu menghubungi rekan kerja tersebut dan hal penting apa yang hendak disampaikan.

 
Paling enggak, tunggu orang lain untuk membalas pesan kita sebelum lanjut mengirim chat.

Enggak Sopan

Akrab sih akrab, tapi ada yang namanya profesionalisme dalam dunia kerja.

Meski biasanya kita mengobrol santai dengan rekan kerja, terutama yang seusia atau seangkatan, situasinya enggak bisa selalu demikian.

Baca Juga: Enggak Ribet, Ini 6 Tips Bikin Video TikTok #GirlsIn5piration FYP

Jangan sampai kebiasaan ini terbawa hingga ke ruang chat kantor, yang isinya termasuk atasan, supervisor, senior, dan sebagainya.

Jadi selalu perhatikan di mana dan kepada siapa kita mengirim pesan.

Selain pesan, waktu mengirim pesan juga harus sangat diperhatikan.

Jangan 'sok asik' saat seisi kantor sedang tampak sibuk dan menangani sesuatu yang penting, karena upaya kita mencairkan suasana enggak selalu jadi pilihan terbaik.

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, kita bisa menciptakan ruang obrolan daring di kantor yang lebih nyaman sekaligus profesional untuk diri kita sendiri dan orang lain.

 Baca Juga: #GirlsIn5piration, Ini 5 Konten TikTok yang Sedang Digandrungi!

(*)