Ini Celebrity Worship Syndrome, Ketika Memuja Artis Sudah Berlebihan!

By Salsabila Putri Pertiwi, Sabtu, 8 Oktober 2022 | 22:45 WIB
Fans Kpop (foto : sbs.com.au)

CewekBanget.ID - Namanya juga fans, kita tentu memiliki rasa kekaguman sendiri terhadap idola kita.

Bukan cuma tentang karyanya, kalau sudah nge-fans, rasanya segala hal tentang artis atau idola kesayangan kita patut untuk dicintai.

Ini bisa dialami oleh siapa saja yang merasa diri mengagumi sosok tertentu, entah itu fans K-Pop, supporter tim sepakbola, pencinta anime, dan sebagainya.

Tapi kalau berlebihan, nge-fans pun jadi sesuatu yang buruk bagi diri sendiri dan orang lain, nih!

Ingat ya, bagaimana pun kesukaan kita terhadap sosok selebritas, jangan sampai kita mengalami celebrity worship syndrome.

Kenali penjelasan dan tanda-tandanya berikut ini.

Celebrity Worship Syndrome

Celebrity worship syndrome (CWS) atau sindrom pemujaan terhadap selebritas adalah gangguan obsesif-adiktif ketika seseorang terlalu terlibat dan obsesif terhadap detil kehidupan pribadi selebritas.

Orang yang mengalami CWS cenderung memuja seseorang yang dikaguminya secara berlebihan, bahkan bisa sampai menjadikan sosok tersebut sebagai pusat hidupnya.

Melansir Psychology Today,sindrom ini lebih ditujukan pada pemujaan terhadap sosok dari industri hiburan seperti bintang televisi, aktor dan aktris, hingga musisi populer, meski tentu semua orang yang tampil di hadapan publik sangat mungkin jadi obyek obsesi.

Biasanya pada tahap yang paling parah, orang dengan CWS dapat melakukan apa saja demi idolanya, bahkan meski sang idola enggak mengenal dirinya secara pribadi.

Baca Juga: Buat Rayain Ultah Sampai Debut, Ini Deretan Event Fans KPop yang Digelar di Berbagai Kota di Indonesia