Belajar dari Tragedi Itaewon, Lakukan Ini Saat Terjebak di Kerumunan

By Salsabila Putri Pertiwi, Minggu, 30 Oktober 2022 | 15:45 WIB
Orang-orang terjebak di gang Itaewon saat perayaan Hallowen. ( (Koreaboo.com))

CewekBanget.ID - Korea Selatan berduka atas terjadinya tragedi Itaewon pada Jumat (29/10/2022) malam waktu setempat; sekitar 150 orang tewas dan ratusan lainnya mengalami luka-luka akibat terhimpit dan terinjak saat kerumunan membludak di area Itaewon yang sempit.

Orang-orang tersebut memadati kawasan Itaewon dalam rangka perayaan Halloween berlangsung di sana pada malam itu, karena ini menjadi perayaan terbuka pertama usai pandemi COVID-19 melanda dunia.

Kejadian ini menjadi sorotan dunia dan pemerintah Korea Selatan pun mendeklarasikan masa berkabung nasional mulai tanggal 30 Oktober sampai 5 November 2022 mendatang.

Kerumunan yang membludak seperti kejadian Itaewon ini memang sangat membahayakan dan terbukti bisa sampai memakan korban jiwa, karena kejadian serupa sudah cukup sering terjadi, mulai dari kerumunan penonton konser, supporter bola, hingga jemaah haji.

Tentu kita jangan sampai mengalaminya ya, girls. Yuk, ingat sejumlah tips darurat ini ketika kita berada di situasi terburuk dan terjebak di tengah kerumunan. Usahakan jangan panik!

Memperhatikan Sekitar

Hal terpenting saat kita terjebak di tengah kerumunan adalah selalu memperhatikan lingkungan di sekitar kita.

Kalau bisa, sejak awal kita tiba di lokasi dan sebelum kerumunan terbentuk, segera kenali area tempat kita berada dan pastikan kita melihat seenggaknya 1-2 titik aman, lebih baik lagi jika ada jalur keluar di titik tersebut.

Selain itu, perhatikan lautan manusia di sekitar kita dan tentukan lebih baik berbalik arah atau maju, dengan mengenali titik pusat kerumunan, misalnya di bagian terdepan dekat panggung jika kita berada di sebuah acara musik.

Setelah mengenali titik terpadat dari kerumunan, segera menghindar dan cari area yang kerumunannya paling longgar.

Jika kita berada di dalam ruangan, akan baik pula jika kita mendapati adanya tiang atau pagar pembatas yang kira-kira bisa kita naiki untuk menyelamatkan diri saat situasi terburuk terjadi.

Baca Juga: Kronologi Lengkap Tragedi Halloween di Itaewon. Tewaskan 149 Korban!