Sama-Sama Tes Bahasa Inggris, Tapi Apa Bedanya TOEFL dan IELTS?

By Salsabila Putri Pertiwi, Selasa, 8 November 2022 | 21:45 WIB
Ilustrasi #Girls4TheFuture lancar bicara bahasa Inggris (freepik)

CewekBanget.ID - Ketika membahas tentang tes atau sertifikasi Bahasa Inggris, tentu kita akan langsung memikirkan antara TOEFL dan IELTS.

Memang benar sih, TOEFL dan IELTS sama-sama merupakan uji kemampuan Bahasa Inggris yang sering menjadi persyaratan daftar kuliah di luar negeri, sidang skripsi, hingga lamaran kerja.

Tapi perlu diperhatikan, beberapa institusi hanya menerima salah satu hasil dari kedua jenis tes kemampuan berbahasa tersebut.

Selain itu, ada pula sejumlah perbedaan jelas antara TOEFL dan IELTS, salah satunya aspek berbahasa yang diuji pada masing-masing sertifikasi.

Tentu keduanya sama-sama penting bagi kita yang membutuhkannya, makanya kita perlu tahu perbedaan mendasar dari TOEFL dan IETLS.

Biar enggak salah ambil tes untuk tujuan kita ke depannya ya, girls!

Kegunaan

Test of English as Foreign Language (TOEFL) dan International English Language Testing System (IELTS) memang sama-sama merupakan uji kemampuan dan sertifikasi Bahasa Inggris.

Tapi salah satu perbedaannya yang cukup sering luput adalah kegunaan hasil tes masing-masing.

Secara spesifik, TOEFL biasanya digunakan sebagai persyaratan Bahasa Inggris untuk kita yang pengin melanjutkan studi ke berbagai universitas di Amerika dan Kanada; biasanya kita akan diminta melampirkan nilai TOEFL iBT sebesar antara 90-100 atau lebih tinggi.

Sementara itu, IELTS adalah persyaratan Bahasa Inggris untuk pendaftaran ke universitas di Inggris, Australia, dan Selandia Baru, dengan standar skor kira-kira 6.5 atau bisa lebih tinggi lagi.

Baca Juga: Kuliah di Luar Negeri, Skor Minimal TOEFL dan IELTS yang Harus #Girls4TheFuture Miliki!