Perbedaan Obat Sirup, Tablet, dan Kapsul. Mana yang Lebih Baik?

By Marcella Oktania, Sabtu, 14 Januari 2023 | 09:30 WIB
Jenis obat-obatan (Unsplash via VOI.id)

CewekBanget.ID - Pernah enggak bertanya-tanya kenapa obat ada beragam jenis?

FYI, obat-obatan sendiri memang terdiri dari beragam jenis, seperti sirup, tablet, kapsul, soft gel, drop, inhaler, hingga tempelan/patch.

Namun, ada 3 jenis obat yang paling sering kita temukan, yaitu obat sirup, obat tablet, dan obat kapsul.

Yang sering jadi pertanyaan, kenapa sih perlu beragam macam jenis obat-obatan di dunia ini?

Yuk cari tahu perbedaan obat sirup, tablet dan kapsul! Mana yang lebih bagus, ya?

Sirup

Obat sirup

Salah besar kalau menganggap obat sirup cuma buat anak-anak, karena obat sirup juga punya kelebihannya tersendiri dibandingkan obat tablet dan kapsul, lho.

Ketika kita diresepkan obat sirup, tandanya kita butuh obat-obatan yang bisa langsung terserap dan bekerja dalam tubuh, nih.

Melansir Epainassist, bahkan obat sirup bisa langsung bekerja 6 menit setelah diminum dan bisa terserap dalam tubuh hingga 90 persen banyaknya dibandingkan obat tablet yang terserap hanya 50 persen.

Namun sirup jadi lebih sulit dibawa ke mana-mana, karena harus dikemas dalam bentuk botol yang tentu lebih besar dibandingkan obat tablet dan kapsul.

Baca Juga: Jangan Asal Minum! Ternyata 5 Obat Ini Paling Membahayakan Ginjal!

Selain itu, berbeda dari tablet dan kapsul dengan dosis yang telah disesuaikan dengan kebutuhan penyakit kita, sirup enggak bisa kita konsumsi dengan dosis yang akurat, walaupun sudah disediakan gelas ukurnya, lho.

Dengan kata lain, kita bisa jadi terlalu sedikit atau terlalu banyak minum obat sirup, sehingga efektivitas obatnya menjadi berkurang.