Penting untuk Daur Ulang, Kenali Makna Simbol pada Kemasan Plastik!

By Salsabila Putri Pertiwi, Sabtu, 21 Januari 2023 | 10:05 WIB
Makna dari simbol kemasan plastik (Foto: Sustainability Pathways)

CewekBanget.ID - Girls, kita pernah mengecek atau mengenali simbol-simbol pada kemasan plastik enggak, nih?

Sadar atau enggak, setiap kemasan plastik biasanya mencantumkan simbol seperti anak panah membentuk segitiga dengan kode nomor tertentu di bagian tengah dan singkatan di bawahnya.

Fyi, itu bukan sembarang simbol, lho!

Simbol pada kemasan plastik itu menandakan jenis dan bahan yang digunakan untuk memproduksi kemasan atau produk plastik.

Simbol ini juga menandai seberapa berbahayanya jenis plastik tersebut apabila digunakan sebagai kemasan makanan dan minuman, serta membuat kita bisa mengenali cara mendaur ulangnya yang tepat.

Ada tujuh simbol pada kemasan plastik yang harus kita pahami maknanya. Cek di sini!

1. PET / PETE (Polyethylene Terephthalate)

Simbol pertama yang kerap muncul pada produk atau kemasan plastik adalah simbol daur ulang dengan kode angka 1 dan akronim PET atau PETE.

PET adalah singkatan dari Polyethylene Terephthalate, bahan plastik yang sering digunakan untuk pembuatan kemasan makanan dan minuman seperti botol minum, wadah selai, hingga sisir.

Jenis plastik ini enggak boleh digunakan terus menerus dengan fungsi yang sama, alias hanya untuk sekali pakai saja.

Jenis plastik nomor 1 enggak dianjurkan untuk diisi dengan air hangat karena lapisan polimer dan karsinogenik pada plastik bisa larut dan menyebabkan kanker, jadi sebaiknya didaur ulang menjadi tas atau karpet saja atau kalau bisa dihindari penggunaannya.

Baca Juga: Bantu Kurangi Plastik, Coba Tips dan Trik Ini Saat Lupa Bawa Kantong Belanja!