Lab NFT Bentara Budaya Resmi Diluncurkan, Dukung Seniman Indonesia Mendunia!

By Siti Fatimah Al Mukarramah, Sabtu, 4 Februari 2023 | 12:50 WIB
Peresmian Lab NFT Bentara Biudaya Jakarta Powered by Astra (CewekBanget.ID/Fatimah)

CewekBanget.ID - Enggak bisa dipungkiri, semakin lama kita semakin 'dipaksa' untuk beralih ke digital hampir di segala aspek.

Enggak terkecuali sama yang berkaitan dengan karya seni, nih!

Dalam beberapa tahun terakhir marak banget fenomena NFT ya, girls.

Nah, melihat fenomena tersebut, Lembaga kebudayaan Kompas Gramedia, Bentara Budaya, akhirnya menggagas sebuah program laboratorium NFT yang pastinya seru dan bermanfaat banget!

Laboratorium NFT Bentara Budaya Powered by Astra secara resmi diluncurkan pada Jumat (3/2/2023) sore di Jakarta.

Baca Juga: Mau Mampir ke Bentara Budaya Jakarta? Ada 3 Cafe Terdekat Ini!

Program ini diharapkan bisa meningkatkan literasi digital di kalangan seniman dan desainer sehingga makin mampu memanfaatkan teknologi digital untuk mempromosikan karya mereka di kancah global.

Melalui NFT (non-fungible token) berbasis jaringan virtual, para seniman dan desainer Indonesia semakin berpeluang untuk menembus etalase seni dunia berbasis jaringan virtual global.

Para seniman pun jug akan lebih leluasa untuk memperkenalkan karya, menjualnya ke kolektor internasional, dan memperoleh royalti dari setiap transaksi.

"Ini momentum yang baik bagi para seniman kreatif Indonesia untuk tampil mendunia," kata Ilham Khoiri, General Manager Bentara Budaya & Communication Management Kompas Gramedia.

Peluncuran Lab NFT Bentara Budaya diresmikan oleh Ketua Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) Danton Sihombing, dengan didampingi Direktur Tata Kelola Ekonomi Digital Kemenparekraf Yuana Rochma Astuti.

Acara ini dihadiri pula oleh Head of Media Relations Astra Regina Panontongan dan Corporate Communication Director Kompas Gramedia Glory Oyong.