5 Tanda Orang Alami Trauma Masa Kecil yang Menyakiti Psikologisnya!

By Monika Perangin, Rabu, 8 Februari 2023 | 13:50 WIB
Trauma Masa Kecil Menyakiti Psikologis Kita Saat Ini (Konstantin Postumitenko)

CewekBanget.ID - Trauma masa kecil seperti kekerasan fisik, emosional, hingga pelecehan menyebabkan luka di hati para penderitanya.

Orang-orang yang merasakan hal-hal panit di masa kanak-kanak, bisa jadi trauma masa kecil dan boomerang saat sudah dewasa.

Trauma masa kecil ini bisa membuat seseorang mengalami kerusakan emosional berkelanjutan hingga merasa kesulitan di masa depan.

Melansir dari laman Yout Tango, The Adverse Childhood Experiences Study (ACE Study) mengungkapkan bahwa trauma masa kecil ini berkaitan erat dengan disfungsi keluarga yang bisa membuat orang menderita penyakit kronis, penyalahgunaan zat terlarang, dan bunuh diri.

Penelitian ini mengerucutkan ada tiga penyakit seperti penyakit paru-paru, kanker, dan penyakit autoimun yang biasanya dialami oleh seseorang yang punya trauma masa kecil.

Selain itu, orang yang mempunyai trauma ini akan lebih sulit mengungkapkan perasaan dan emosi yang sedang dirasakan.

Dr. Candace Pert, selaku ilmuan dan penulis buku Molecules of Emotion, mengatakan abhwa setiap sel yang ada di tubuh kita bisa merasakan emosi.

Orang yang punya trauma memiliki hormon kortisol dan adrenalin yang lebih tinggi.

Bila hormon ini terus-terusan mendominasi tubuh kita, maka hormon tersebut akan menjadi racun yang siap merusak sistem biologis hingga kekebalan tubuh.

Ada beberapa tanda yang menunjukkan seseorang mempunyai trauma masa kecil yang menyakitinya sampai saat ini.

Dilansir dari laman Your Tango, ini dia tanda-tanda orang punya trauma yang harus segera di atasi!

Baca Juga: Makin Merinding! Film Scream VI Segera Tayang. Horor Thriller yang Bikin Trauma