Kenali Histrionic Personality Disorder, Maunya Jadi Pusat Perhatian!

By Salsabila Putri Pertiwi, Kamis, 9 Februari 2023 | 11:00 WIB
Drama 'Not Yet 30' (foto : KakaoTV via Hancinema)

CewekBanget.ID - Pernah bertemu orang yang maunya selalu jadi pusat perhatian, terobsesi berlebihan dengan penampilan dirinya sendiri, hingga sering bersikap dramatis?

Memang sih, beberapa orang punya pembawaan yang agak lebay dan selama hal itu enggak sampai terlalu mengganggu, kita bisa mewajarkannya.

Tapi ternyata ada juga gangguan kepribadian dengan indikasi persis seperti itu lho, yakni histrionic personality disorder (HPD).

Histrionic personality disorder alias gangguan kepribadian histrionik membuat seseorang merasa harus selalu diperhatikan semua orang dan dramatis hingga level yang ekstrem.

Orang dengan HPD cenderung selalu membutuhkan validasi orang lain, hingga terbiasa berperilaku dan berpenampilan provokatif hanya demi mendapatkan perhatian orang-orang.

Kenali, begini penjelasan tentang gangguan kepribadian histrionik.

Histrionic Personality Disorder

Histrionic personality disorder (HPD) alias gangguan kepribadian histrionik adalah kondisi ketika seseorang amat menyukai perhatian dari orang lain sampai kepada level yang enggak sehat.

Gangguan kepribadian histrionik termasuk ke dalam gangguan kepribadian klaster B alias dramatik, karena penderitanya cenderung memiliki emosi yang enggak stabil dan citra diri yang terdistorsi.

Pada level ekstrem, orang dengan HPD punya kebutuhan berlebihan untuk selalu diperhatikan dan sampai bersikap dramatis atau lebay demi diperhatikan orang lain, entah secara positif atau negatif.

Menurut penelitian, HPD lebih cenderung dialami perempuan, meski tentu saja laki-laki juga bisa mengalaminya, dan kondisi ini kerap terjadi di masa remaja atau dewasa muda.

Baca Juga: Sadar Kesehatan Mental, Ini Penjelasan Borderline Personality Disorder