Kekerasan Emosional oleh Cowok Toxic, Ini 5 Tanda Kita Jadi Korban!

By Salsabila Putri Pertiwi, Senin, 20 Februari 2023 | 16:05 WIB
drama Korea May I Help You? (MBC)

CewekBanget.ID - Cowok toxic dapat membuat hubungan pacaran menjadi enggak sehat.

Ketika kita pacaran dengan cowok toxic, bukan enggak mungkin kita bakal mengalami berbagai jenis kekerasan dalam hubungan, termasuk kekerasan emosional.

Sadar atau enggak, bukan cuma secara fisik, kekerasan emosional juga nyata terjadi dan kerap berkaitan dengan perilaku cowok toxic terhadap kita.

Kekerasan emosional kadang enggak disadari, terutama ketika kita menjadi korban, karena kita mungkin merasa hal itu wajar atau pelaku membuat kita percaya bahwa kita terlalu baper saja.

Padahal, kekerasan emosional bisa berdampak panjang dan bikin kita sulit lepas dari hubungan toxic, lho.

Kenali, ini tanda-tanda bahwa kita adalah korban kekerasan emosional oleh cowok toxic. Jangan dibiarkan lagi!

Disakiti di Depan Publik

Pernah merasa tersinggung atau sakit hati atas ucapan atau perilaku pacar terhadap diri kita di depan umum?

Mungkin setelah melakukan itu, doi berdalih kalau kata-kata atau tindakan kasarnya cuma bercanda dan kita terlalu baper saat mengungkapkan perasaan kita.

Tapi sadari, girls! Kalau hal tersebut terasa mengganggu dan enggak menghibur kita sama sekali, berarti memang pacar kita salah dan caranya mengabaikan perasaan kita itu adalah bentuk gaslighting, yang merupakan kekerasan emosional.

Sekalipun komentar ini seharusnya dikatakan dengan cara yang lucu, kalau sampai berujung pada merendahkan seseorang di depan orang lain, hal itu enggak sopan dan merupakan ekspresi permusuhan. 

Baca Juga: Pacaran sama Cowok Toxic Bikin Hubungan Manipulatif, Kenali Tandanya!