5 Trik Ampuh Berhenti Menunda Waktu Tidur Malam karena Main HP

By Marcella Oktania, Jumat, 29 September 2023 | 12:05 WIB
Menunda waktu tidur di malam hari (iStockphoto via East Coast Radio)

CewekBanget.ID - Pernah enggak, sih kita sudah di tempat tidur malam-malam, tapi malah main HP terlalu lama sampai akhirnya waktu tidur cuma sedikit dan membuat kita ngantuk banget keesokan harinya?

Semua ini pasti pernah dilakukan semua orang dan bahkan sudah ada istilahnya, yaitu revenge bedtime procrastination atau balas dendam dengan menunda waktu tidur!

Sesuai namanya, revenge badtime procrastination atau balas dendam dengan menunda waktu tidur adalah proses penundaan tidur di malam hari untuk mendapatkan me time yang enggak bisa kita dapatkan di siang hari.

Rasanya seperti balas dendam untuk mendapatkan waktu me time kita di siang hari yang enggak bisa kita dapatkan, padahal kita sadar banget kalau harus dan butuh tidur di malam hari.

 

 

Ini bisa terjadi karena kegiatan yang kita lakukan dari pagi hingga menjelang tidur enggak membuat kita merasa bahagia, tapi malah bikin kita gelisah, kesal, bosan, dan capek.

Nah untuk membuat kita merasa lebih bahagia, akhirnya kita memakai waktu malam sebelum tidur untuk memberikan stimulasi berlebihan, entah dari media sosial atau TV untuk sekadar refreshing.

Perlu diingat kalau kebiasaan ini sebenarnya sangat enggak baik dan sangat enggak bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental.

Kalau dilanjutkan, kita bisa jadi lebih cepat capek, selalu kurang tidur, dan makin enggak bahagia, lho!

Yuk hentikan revenge bedtime procrastination dengan 5 cara ini biar kita bisa berhenti menunda waktu tidur malam!

Baca Juga: Kurang Tidur karena Sibuk? 8 Cara Ini Harus Dilakukan Biar Tetap Sehat

1. Stop pegang HP di pukul 10.00 malam

Yuk buat ini jadi kebiasaan mulai dari malam ini!

Begitu sudah masuk jam 10.00 malam, pastikan kita langsung matikan HP atau minimal jauhkan HP dari jangkauan kita.

Dengan begitu, distraksi sudah enggak ada lagi, sehingga tubuh dan pikiran kita sudah mulai bisa rileks dan bersiap untuk tidur.

Kalau misalnya masih belum bisa tidur di jam 10.00, kita bisa coba untuk membaca buku motivasi atau buku fiksi yang serius bisa lebih cepat tertidur.

2. Benar-benar sadari pentingnya tidur

Penting banget untuk benar-benar menyadari kalau tidur itu hal yang penting dan harus kita lakukan.

Memang kita sering kali melupakan kalau tidur itu nikmat, karena hasil dan "hadiah"nya bakal kita terima belakangan, yaitu di pagi hari.

Pasti kita sudah sering kan terbangun di pagi hari dan menyesal kenapa enggak lebih cepat tidur di malam harinya?

Makanya yuk sadari kelebihan tidur lebih cepat biar kita bisa lebih segar dan berenergi, anti bad mood, bisa menghilangkan perasaan anxiety dan depresi, dan hidup lebih bahagia!