Melimpah di Indonesia, 5 Efek Samping Makan Rempah-rempah berlebihan

By Marcella Oktania, Jumat, 3 November 2023 | 05:00 WIB
Ilustrasi rempah-rempah (AdobeStock via MasterClass)

CewekBanget.ID - Seperti yang kita tahu, Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya adalah negara yang kaya rempah-rempah.

Entah itu bawang putih, lada hitam, jahe, kunyit, kayu manis, hingga daun ketumbar adalah yang paling terkenal di antaranya.

Rempah-rempah sendiri memang sangat banyak manfaat kesehatan untuk kita, sehingga sering dipakai untuk memberi makanan rasa yang nikmat dan pengobatan herbal.

Namun sama seperti makanan lainnya, rempah-rempah yang dimakan terlalu berlebihan juga enggak bagus untuk tubuh kita dan bakal memberikan efek samping.

Setidaknya ini dia 5 efek samping yang bakal kita rasakan kalau konsumsi rempah-rempah secara berlebihan!

1. Perasaan terbakar pada dada

Beberapa rempah-rempah, seperti cabai atau lada, dapat memberikan sensasi rasa terbakar atau panas pada mulut dan tenggorokan.

Ini karena cabai dan lada punya kandungan capsaicin yang merangsang reseptor nyeri pada lidah, yang memberikan sinyal ke otak, sehingga memberikan efek panas dan terbakar.

Awalnya mungkin perasaan panas dan terbakar itu cuma di daerah lidah dan tenggorokan, tapi bisa jadi menjalar ke perut dan dada kalau terlalu banyak.

Baca Juga: 7 Rempah yang Ternyata Baik Buat Kesehatan Mata. Enggak Nyangka!

2. Perubahan warna urine dan tinja

Beberapa rempah-rempah, seperti bit merah atau paprika, dapat menyebabkan perubahan warna urine atau tinja.

Paprika dan bit punya kandungan bernama betasianin yang menyebabkan warnanya lebih terang.