Jaringan Masjid Jadi Program Lanjutan Sisir Pesisir yang Mengajak Masyarakat Pesisir Makin Peduli dengan Lingkungan

By Septi Nugrahaini Rahmawati, Senin, 20 November 2023 | 18:50 WIB
Program Jaringan Masjid lanjutan dari Sisir Pesisir National Geographic Indonesia (National Geographic Indonesia)

CewekBanget.ID - Girls, udah tau belum kalau National Geographic Indonesia punya program bernama Sisir Pesisir?

Kalau belum tau, Sisir Pesisir adalah program untuk melestarikan dan memanfaatkan ekosistem laut di daerah pesisir bersama dengan masyarakat pesisir.

Kegiatan ini melibatkan warga, komunitas, serta media untuk pengambilan data mutakhir dari kondisi ekosistem pesisir Indonesia.

Selain untuk mendapatkan data serta gambaran kondisi pesisir bagian darat dan bagian laut, program ini juga bertujuan untuk mendapatkan informasi terkait hal-hal yang menjadi peluang maupun ancaman bagi kondisi ekosistem pesisir Indonesia, serta mengenal budaya pesisir dan cara warga lokal menjaga lautnya.

Program lanjutan Sisir Pesisir

Setelah sukses dengan menggelar forum diskusi sisir pesisir pada bulan Juli 2023 lalu, National Geographic Indonesia akan melanjutkan program Sisir Pesisir dengan mengadakan Jaringan Masjid.

Program ini untuk pengembangan masyarakat yang melibatkan karang taruna dan komunitas yang berpusat di masjid kawasan sekitar pesisir.

Acara perdananya udah diselenggarakan pada Minggu, 13 November 2023 berlokasi di Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Tangerang.

Acara dimulai pukul 07.00 WIB dengan beberapa rangkaian kegiatan kayak membersihkan sampah pesisir, serta lokakarya mengelola sampah daur ulang yang dibawakan oleh Andi Alghifari Darma selaku founder dari Daur.id.

Warga Desa Ketapang menyambut baik inisiatif bersih-bersih pesisir dan lokakarya untuk pengembangan sumber daya masyarakat.

Program Jaringan Masjid lanjutan dari Sisir Pesisir National Geographic Indonesia

Baca Juga: Peneliti Sebut Ada Wilayah Pesisir Indonesia yang Ikannya Bisa Hidup Meski Ekosistemnya Rusak