Kolaborasi Merek dengan Idol Kpop Terbukti Meningkatkan Awareness Brand

By Indah Permata Sari, Selasa, 5 Maret 2024 | 18:25 WIB
K-Playlist Annual Collaboration Award (KACA) pun diselenggarakan pada Rabu, (28/2/2024) di Main Atrium The Forum, Mall Kelapa Gading 3, Jakarta Utara. (foto : KACA)

CewekBanget.ID - Girls, enggak diragukan lagi ya kalau di Indonesia itu banyak banget fans Kpop.

Bahkan laporan dari Good Stats, Indonesia menempati posisi pertama negara yang memiliki fans Kpop terbanyak di dunia.

Jadi enggak heran kalau banyak brand atau merek melakukan strategi pemasaran yang melibatkan idol Kpop.

Tujuannya adalah agar fans Kpop khususnya yang di Indonesia bisa lebih mengenal nama maupun produk yang tiap brand miliki.

Tentunya enggak hanya sekedar aji mumpung, tapi brand beserta produknya juga harus berkualitas memenuhi kebutuhan masyarakat.

Agar produknya bisa dikenal baik dan memiliki hasil yang melebihi ekspektasi.

Apresiasi dari KACA

K-Playlist lewat KACA atau K-Playlist Annual Community Award, memberikan apresiasi kepada brand yang sudah bekerja sama dengan artis Korea.

Fyi, K-Playlist sendiri adalah partner langsung dan resmi dari agensi Kpop yang biasa menangani kerja sama brand ambassador dan lisensi produk untuk para brand.

"Selain menaungi lebih dari 20 komunitas fans K-Pop di Indonesia, K-Playlist juga merupakan direct partner dan resmi dari perusahaan K-Pop besar seperti HYBE Entertainment, YG Entertainment dan perusahaan lainnya.

Posisinya untuk menangani kerja sama brand ambassador dan lisensi produk," ucap Jennifer Heryanto, Co-Founder K-Playlist, melalui siaran press release.

Baca Juga: Tutorial Cara Dapetin Video Spesial BLACKPINK dari Kemasan OREO!

Kolaborasi dengan artis Korea berdampak positif

Masih melalui siaran pers yang sama, Brand Manager Ultra Milk, Radityo Egytiandono, mengungkapkan media sosial mereka meningkat puluhan ribu setelah kolaborasi dengan artis Kpop.

"Kolaborasi dengan artis Korea ini hasilnya cukup baik.

Media sosial kami berhasil meraih peningkatan 40 ribu followers dan itu sangat mengejutkan sekali," jelas Radityo.

Hal ini dialami juga oleh BNI yang kolaborasi dengan artis SM Entertainment untuk produk Tap Cash.

"Pengaruhnya sangat terasa, bahkan mitra kami Alfamart diserbu oleh fanbase-fanbase sampai kehabisan," ucap Mesah Roni Ginting, General Manager Retail Product and Partership BNI.

Kolaborasi Dua Kelinci dengan NCT Dream juga menghasilkan dampak yang sama.

April, Digital Marketing Dua Kelinci Tos Tos, mengatakan, "Sejak awal launching valuenya selalu bagus.

Brand kami itu kan termasuk baru, tetapi lewat kolaborasi dengan NCT Dream ini brand kami jadi dikenal lebih luas."

Pemenang penghargaan brand kolaborasi dengan artis Kpop

Pemenang untuk penghargaan dari KACA ini dilakukan dalam 3 tahap.

Baca Juga: Kolaborasi Majalah Bobo dan Mizora Jewelry Hadirkan Nirmala Collection yang Manis!

Tahap pertama di mana survei sudah diberikan kepada 400 Kpop Commnity Leaders dan menghasilkan lima brand terbaik (Bonsang Award).

Ada OREO x BLACKPINK, Ultra Milk x Stray Kids, TosTos x NCT Dream, BNI Tapcash x SM Entertainment, dan Nabati x ENHYPEN.

Lalu ada voting Best K-Pop Brand Collaboration of The Year di mana penggemar Kpop diminta memilih brand terbaik di antara 5 penerima Bonsang Awards tadi.

Voting ini sudah dilakukan pada 15-25 Februari 2024 yang mana pemenang mendapatkan penghargaan utama, Best K-Pop Brand Collaboration of The Year (Daesang).

Acara K-Playlist Annual Collaboration Award (KACA) pun diselenggarakan pada Rabu, (28/2/2024) di Main Atrium The Forum, Mall Kelapa Gading 3, Jakarta Utara.

K-Playlist Annual Collaboration Award (KACA) pun diselenggarakan pada Rabu, (28/2/2024) di Main Atrium The Forum, Mall Kelapa Gading 3, Jakarta Utara.

Dalam acara tersebut ada boyband NEVEL yang jadi guest star serta pengumuman Best Brand Collaboration of the Year 2023, yaitu Ultra Milk x Stray Kids!

Jadi terbukti yaa, kolaborasi antara brand dan artis Korea khususnya Kpop memang cukup menjanjikan untuk awareness.

Sehingga hal ini memang patut diberikan apresiasi dan harapannya akan ada kerja sama lainnya yang lebih menarik lagi selanjutnya!

Baca Juga: Troye Sivan Sering Ngode Soal Hyunjin Kini Collab, Bareng PinkPantheress Juga!

(*)