Bertemakan Budaya Betawi, Indonesia Fashion Week 2024 Resmi Dimulai

By Siti Fatimah Al Mukarramah, Kamis, 28 Maret 2024 | 06:59 WIB
Opening Indonesia Fashion Week 2024 (CewekBanget.ID/Fatimah)

CewekBanget.ID - Pekan mode terbesar di Indonesia, Indonesia Fashion Week (IFW) 2024 udah resmi dimulai nih, girls!

IFW di tahun ke-11 penyelenggaraannya kali ini mengusung tema "Langgam Jakarta Teranyam". Yup! Tahun ini mereka mengangkat kebudayaan Betawi sebagai tema besar.

Lewat tema ini, APPMI pengin mengangkat keberagaman budaya Betawi dalam pesona seni dan mode kontemporer.

FYI, IFW 2024 berlangsung mulai tanggal 27 hingga 31 Maret 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat.

Baca Juga: Angkat Budaya Betawi, Indonesia Fashion Week 2024 Siap Digelar!

Tahun ini, IFW 2024 bekolaborasi dengan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, BTN Prioritas, dan Tokopedia.                             

Opening Ceremony Indonesia Fashion Week 2024 dihadiri sejumlah pihak, di antaranya Poppy Dharsono selaku Ketua Umum Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) sekaligus  President IFW, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, hingga Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Andhika Permata.

Hadir juga Naniek Rachmat (APPMI), ⁠Misan Kopanka (APPMI), Musa Widyatjmodo (APPMI), Vivi Kosidin (Fashion Category Development Senior Lead Tokopedia), dan Meru Arumdalu (Head of Wealth Management Division).

Icon Indonesia Fashion Week 2024

Pada opening speech-nya, Poppy Dharsono menjelaskan pagelaran IFW tahun ini diikuti lebih dari 300 desainer yang siap menampilkan koleksi terbaik mereka. Enggak cuma dari Indonesia, terdapat pula beberapa desainer luar negeri seperti Malaysia dan Thailand, lho!

Selain dapat menyaksikan koleksi para desainer di panggung runway, kita juga bisa mengunjungi exhibition yang diisi oleh 400 exhibitor yang menampilkan karya mode maupun kriya dari berbagai daerah. Beberapa di antaranya merupakan pihak yang tergabung dalam Dekranasda Nasional.

"Target pengunjung IFW 2024 dari 27 hingga 31 Maret 2024 sebanyak 100.000 orang, dengan total transaksi Rp60 miliyar," ungkap Poppy Dharsono.