Alasan Perempuan Harus Paham Kesehatan Reproduksi Dirinya Sendiri

By Indah Permata Sari, Selasa, 23 April 2024 | 13:10 WIB
dr. Liva Wijaya, Sp.OG, Sastya Wardani - CEO & Co-founder PLans, dan Sandy Tantra - CMO & Co-founder PLans (foto : CewekBanget.ID/Indah)

CewekBanget.ID - Girls, kita penting lho untuk bisa paham kesehatan reproduksi kita sendiri.

Melansir laman daldukkbpppa.bulelengkab.go.id, kesehatan reproduksi perempuan merupakan suatu keadaan sehat perempuan secara fisik, mental, dan sosial secara utuh pada semua hal yang berhubungan dengan sistem dan fungsi serta proses reproduksi.

Jadi bukan hanya soal kondisi yang bebas dari penyakit reproduksi atau kecacatan aja yaa, girls.

Hal ini juga disampaikan oleh dr. Liva Wijaya, Sp.OG, Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi RS Mitra Keluarga Kemayoran, saat menjadi narasumber di acara Peluncuran PLans, Asisten Digital untuk Kesehatan Reproduksi Perempuan Indonesia yang dilaksanakan di Active Barn Studio, Colony 6 Kemang, Jakarta Selatan, pada Minggu, (21/4/2024).

dr. Liva menjelaskan, "Kesehatan reproduksi itu sebenarnya sejahtera secara fisik, mental, dan siap mengenai enggak hanya organ reproduksi saja tapi perempuan juga kalau bisa sejahtera mengetahui soal proses reproduksi itu sendiri."

Lebih lanjut lagi, dr. Liva juga bilang biasanya orang-orang tahunya soal kesehatan reproduksi itu mengenai sakit dan enggak sakit aja.

Padahal sebenarnya selain itu ada juga pemahaman soal hal lain namun berkaitan.

Misalnya, kesehatan mental kita bisa juga lho memengaruhi kesehatan psikis kita yang bisa berujung juga dengan tingkat produktivitas kita.

Jadi bukan hanya, 'Yang penting mensnya teratur aja' melainkan satu kesatuan yang bisa memengaruhi kesehatan reproduksi kita yaa, girls.

Untuk itu penting banget makanya bagi seorang permepuan untuk bisa memahami kesehatan reproduksinya sendiri.

Karena kasus atau apa yang dialami oleh satu perempuan dengan perempuan lain bisa berbeda lho.

Baca Juga: 4 Aplikasi Pelacak Siklus Menstruasi untuk Tahu Kesehatan Reproduksi