4 Bahaya Kalau Gigi Berlubang Enggak Segera Ditambal. Seburuk Itu?

By Siti Fatimah Al Mukarramah, Rabu, 12 Juni 2024 | 06:10 WIB
Ilustrasi gigi berlubang (Getty Images/iStockphoto/Alona Siniehina)

CewekBanget.ID - Gigi yang baru berlubang mending buru-buru ditambal deh, girls!

Karena kalau dibiarkan, maka gigi berlubang bisa semakin parah dan memicu beberapa dampak buruk yang merugikan kesehatan gigi dan mulut kita.

Berikut 4 bahaya enggak menambal gigi berlubang. Jangan sampai, deh!

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Gusi Bengkak dan Nyeri karena Gigi Bungsu Tumbuh

1. Infeksi

Jaringan mati yang tertinggal di belakang gigi akan membuat tubuh kita rentan terhadap abses (nanah) dan infeksi, bahkan kalau menjalar hingga rahang ataupun kelenjar bisa menyebabkan pembengkakan serta demam, lho!

Seorang profesor kedokteran gigi di Boston University, Carl McManama, mengatakan, "racun dari jaringan yang mati akan mulai berkembang menjadi infeksi bagi tulang lewat ujung akar. Kondisi ini akan menyebabkan peradangan."

Meskipun gejala ini terbilang jarang, namun apabila terjadi dan enggak segera diobati, infeksi juga bisa mengancam abses pada otak.

2. Patah gigi

Menurut McManama, gigi yang dibiarkan berlubang dalam jangka waktu lama akan lebih rentan mengalami kerusakan dan patah, berbeda dengan gigi dalam kondisi utuh.

"Ketika banyak gigi yang membusuk atau ada gigi yang mengalami lubang cukup lama, gigi itu akan lebih rentan mengalami kerusakan dan patah," terang McManama.

3. Kerusakan syaraf