3 Isu yang Menghambat Pertumbuhan Talenta Digital di Indonesia

By Indah Permata Sari, Selasa, 23 Juli 2024 | 15:40 WIB
Press conference Seremoni Kerjasama APTDI dan Kominfo di Markas Kominfo, Jakarta, pada Senin, (22/7/2024) (Foto : CewekBanget.ID/Indah)

CewekBanget.ID - Enggak banyak yang tahu kalau menjalani profesi di bidang digital adalah salah satu yang banyak dicari dalam industri dunia kerja saat ini, girls.

Semua negara di dunia sebenarnya saat ini sedang berlomba untuk bisa menjadi yang terdepan di bidang digital ini.

Karena enggak bisa dipungkiri, perkembangan teknologi yang semakin pesat dan canggih pasti harus diimbangi juga dengan kemampuan manusia dalam menguasai teknologi itu sendiri.

Sehingga berbagai macam karier di dunia digital pasti akan sangat dibutuhkan paling enggak hingga belasan tahun ke depan.

Namun sayangnya situasi talenta digital di Indonesia saat ini masih belum maksimal.

Alamanda Shantika, Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengembangan Talenta Digital Indonesia (APTDI) serta Founder & CEO Binar Academy, dalam acara press conference Seremoni Kerjasama APTDI dan Kominfo di Markas Kominfo, Jakarta, pada Senin, (22/7/2024), menjelaskan soal situasi talenta digital Indonesia saat ini.

Dia mengungkapkan bahwa ada lebih dari USD 129 Miliar dihasilkan oleh talenta digital Indonesia di mana 121% pendapatan mereka lebih tinggi dibanding dengan talenta non-digital.

"Talenta digital Indonesia menghasilkan USD 121 Miliar terhadap pendapatan di Indonesia.

Dan juga 82% organisasi memperkerjakan talenta digital, dan ini kita lihat growth-nya sangat tinggi.

Lalu 121% pendapatan lebih tinggi dibanding role pekerjaan lainnya serta 21% organisasi yang menjalankan bisnis mereka dengan cloud atau digital memiliki pendapatan hampir 2 kali lipat.

Di sini kita bisa melihat pertumbuhan digital dalam pengembangan Indonesia itu sangat penting dan enggak lupa transformasi digital kuncinya itu di people alias manusia," jelas Alamanda.

Baca Juga: Cerita Owner Restoran Korean Food Pakai Iklan Digital Biar Target Pasar Usahanya Sesuai