Cegah Bunuh Diri, Korea Ajak Remaja 'Merasakan' Kematian?

By Natasha Erika, Minggu, 19 Maret 2017 | 07:00 WIB
Cegah Bunuh Diri, Korea Ajak Remaja 'Merasakan' Kematian? (Natasha Erika)

Korea Selatan memiliki tingkat bunuh diri yang cukup tinggi, bahkan di urutan teratas di antara 34 negara. Untuk anak muda, tuntutan untuk sukses di sekolah dan dapat pekerjaan bagus di perusahaan besar jadi salah satu pemicunya.

Di Negeri Ginseng tersebut kini ditawarkan terapi untuk mengurangi keinginan bunuh diri. Terapi psikologis tersebut cukup unik karena para peserta akan mencicipi pengalaman mati agar lebih menghargai kehidupan. Mereka yang mengikuti terapi tersebut adalah orang-orang yang punya masalah depresi, stres, atau keinginan bunuh diri.

Fotografer Perancis Francoise Huguier mendokumentasikan terapi tersebut di Hyowon Healing Center di Seoul, Korea Selatan. Ia menyaksikan para partisipan terapi ini dibuat seolah sedang menghadiri pemakamannya sendiri. Memakai pakaian orang mati, para peserta diminta berbaring di dalam peti mati kayu selama kurang lebih 10 menit.

Cegah Bunuh Diri, Korea Ajak Remaja 'Merasakan' Kematian?

Mereka datang ke pusat penyembuhan psikologis itu karena keinginan sendiri atau pun dirujuk oleh dokter. Sebelum terapi dimulai, masing-masing peserta akan difoto dan hasilnya dibingkai untuk dipasang di dekat peti mati.

Cegah Bunuh Diri, Korea Ajak Remaja 'Merasakan' Kematian?

Kemudian mereka diminta mendengarkan pidato singkat tentang bunuh diri dan film emosional sebelum berganti kostum orang meninggal. Sebelum masuk ke peti mereka juga menuliskan pesan perpisahan dan membacakannya.

Cegah Bunuh Diri, Korea Ajak Remaja 'Merasakan' Kematian?

Lalu satu persatu mereka masuk ke dalam peti mati dan lampu diredupkan. Walau peti ditutup namun mereka tetap bisa bernapas karena ada lubang ventilasi kecil.