5 Pahlawan Indonesia yang Diabadikan sebagai Nama Jalan di Luar Negeri

By Astri Soeparyono, Jumat, 10 November 2017 | 07:00 WIB
5 Pahlawan Indonesia yang Diabadikan sebagai Nama Jalan di Luar Negeri (Astri Soeparyono)

Bukan hanya harum di negerinya sendiri. Nama para pahlawan ini juga terdengar hingga ke negeri orang, sampai-sampai jadi nama jalan. Ini dia 10 pahlawan Indonesia yang namanya diabadikan sebagai nama jalan di luar negeri.

(Baga juga: Selain Kartini, Ini 4 Tokoh Lain Emansipasi Wanita di Indonesia)

Nama pahlawan perempuan dari Jepara ini diabadikan sebagai nama jalan di Belanda. Seperti dirilis nasional.kompas.com, beberapa kota di Belanda, yakni Utrecht, Venlo, Amsterdam,dan Haarlem, menamai jalannya dengan Kartini Straat (Jalan Kartini).

Ibu kota Belanda, Amsterdam, juga mengabadikan nama pejuang emansipasi wanita itu sebagai nama jalan. Di wilayah Amsterdam, Zuidoost atau yang dikenal dengan Bijlmer, terdapat jalan yang dinamai dengan nama lengkap Kartini, yakni Jalan Raden Adjeng Kartini.

Jalan itu berdekatan dengan jalan bernama pahlawan wanita dunia, seperti Rosa Luxemburg, Nilda Pinto, dan Isabella Richaards.

(Baga juga: Belajar Jujur Seperti Mohammad Hatta)

5 Pahlawan Indonesia yang Diabadikan sebagai Nama Jalan di Luar Negeri

(foto: tumblr.com)

Sementara di Haarlem, Jalan Kartini berdekatan dengan jalan pahlawan lainnya, yakni Jalan Mohammed Hatta (Mohammed Hatta Straat). Pemerintah Belanda melalui walikota RH Claudius mengabadikan namanya sebagai nama jalan di Harleem Belanda.

Menghormatinya sebagai tokoh pergerakan kemerdekaan Indonesia yang pernah belajar di Belanda.