5 Film Indonesia Yang Hampir Masuk Penghargaan Oscar

By Natasha Erika, Kamis, 30 Maret 2017 | 06:00 WIB
5 Film Indonesia Yang Hampir Masuk Penghargaan Oscar (Natasha Erika)

Siapa bilang film Indonesia itu enggak keren? Ada beberapa film Indonesia yang hampir masuk penghargaan bergengsi Oscar, lho! Apa sajakah itu?

Dikirim sebagai perwakilan Oscars 2011, film ini gagal mendapat nominasi di kategori Best Foreign Language Film. Bersama 64 film dari berbagai negara, Alangkah Lucunya (Negeri Ini) bersaing untuk menjadi nominator Best Foreign Language Film. Sayangnya, film garapan Deddy Mizwar itu tidak terpilih oleh tim juri.

Film yang dirilis pada 2010 ini mencoba mengangkat potret nyata yang ada dalam kehidupan bangsa Indonesia. Film ini juga dipenuhi bintang film Indonesia, tercatat ada sembilan nama peraih piala citra seperti Rina Hasyim dan Slamet Rahardjo yang berkolaborasi secara sempurna untuk menyajikan tontonan yang berkualitas.

Film garapan Ratna Sarumpaet ini gagal mewakili Indonesia dalam meraih piala Oscar di ajang Academy Awards 2009. Jamila dan Sang Presiden hanya berhasil masuk dalam 65 besar untuk kategori Foreign Language dan bertarung dengan film lainnya dari berbagai negara.

Jamila dan Sang Presiden (dirilis secara internasional dengan judul Jamila and the President) adalah sebuah film drama dari Indonesia yang dirilis pada tahun 2009 yang disutradarai oleh Ratna Sarumpaet dan dibintangi oleh Atiqah Hasiholan dan Christine Hakim. Film ini menceritakan kisah hidup seorang pekerja seks komersial (PSK) yang dipenjara karena membunuh seorang menteri.