4 Hal Sepele Yang Ternyata Bisa Menyebabkan Wajah Kusam. Harus Dihindari, Nih!

By Astri Soeparyono, Rabu, 16 Mei 2018 | 12:15 WIB
Hal Sepele Yang Menyebabkan Wajah Kusam (Astri Soeparyono)

Kita pasti merasa sudah merawat kulit wajah semaksimal mungkin. Tapi kok masih saja kulit enggak sebersih dan secerah yang kita inginkan. Salah satu penyebabnya bisa berasal dari kebiasaan kita yang salah dalam melakukan perawatan, lho.

Membersihkan wajah enggak sekadar seberapa banyak kita mencuci muka saja girls. Banyak hal yang harus tetap kita lakukan untuk merawat wajah. Yuk, kenali hal sepele yang menyebabkan wajah kusam.

(Baca juga: Cara Mencuci Wajah Yang Benar)

Mencuci muka saja enggak mampu mengangkat seluruh sisa make-up pada wajah kita lho girls. Kita harus tetap menggunakan susu pembersih supaya enggak mengangkat seluruh kotoran di wajah. Enggak hanya kusam, kotoran yang menyumbat pori-pori wajah kita akan menyumbang jerawat untuk wajah.

Sebagai cewek yang lagi aktif-aktifnya, kita enggak boleh lupa menggunakan sunblock sebelum beraktivitas dipagi. Enggak perlu tebal-tebal kok, cukup sedikit saja supaya wajah tetap terlindungi dari paparan sinar matahari.

(Baca juga: Bikin Penyegar Wajah Sendiri, Yuk!)

Kulit wajah membutuhkan perawatan ekstra girls. Dia enggak bisa disamakan dengan kulit tubuh yang lainnya. Pastikan kita menggunakan handuk khusus atau handuk yang berbahan halus untuk mengeringkan wajah kita sehabis mencuci muka. Goresan bahan yang kurang halus pada kulit wajah akan membuat kulit kita terlihat enggak segar. 

Selain membuat kantung mata membesar, kurang istirahat juga akan membuat kulit wajah menjadi kusam. Enggak ada salahnya lho mengistirahatkan diri sebanyak mungkin selagi kita bisa daripada memaksakan diri untuk begadang. Selain wajah lebih fresh, tubuh kita juga akan terasa lebih sehat.