Kebiasaan Buruk Penyebab Rambut Jadi Tipis

By Marti, Minggu, 20 Juli 2014 | 16:00 WIB
Kebiasaan Buruk Penyebab Rambut Jadi Tipis (Marti)

Penginnya sih punya rambut tebal dan sehat. Tapi, kebiasaan yang tanpa sengaja kita lakukan ini bisa mengakibatkan rambut jadi tipis. Cari tahu kebiasaan buruk apa saja yang bisa menyebabkan rambut jadi tipis yuk.

(Baca juga: 9 Cara Mengatasi Rambut Tipis)

Selain membuat rambut jadi kering, air panas juga membuat rambuit jadi lebih rapuh dan rentan patah. Hawa panas juga bisa menghilangkan minyak alami di kulit kepala dan membuka pori-pori kulit sehingga bisa merusak akar rambut. Ketika keramas, wajib banget memperhatikan suhu air yang dipakai. Dan, membilas sisa sampo menggunakan air dingin jauh lebih baik, girls.

Alat elektronik yang digunakan untuk menata rambut umumnya menimbulkan hawa panas, seperti hair dryer, curly iron, atau flat iron. Panas berlebihan bisa merusak kulit ari di kepala. Jika hal tersebut terjadi bisa merusak keseimbangan minyak di kulit kepala. Batasi penggunaan alat-alat ini sebanyak dua atau tiga kali seminggu jika enggak pengin rambut jadi tipis.

Diet yang dilakukan juga berhubungan dengan kesehatan rambut. Membuat tubuh kelaparan dan kekurangan energi bisa membuat rambut jadi enggak sehat. Agar bisa tumbuh dengan sehat, rambut butuh protein sehingga kita wajib memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh, yaitu 46 gram atau sekitar 25-30% dari total kalori yang dibutuhkan.

(Baca juga: Tips Merawat Rambut Tipis)

Rambut berada dalam keadaan lebih rapuh saat basah karena kutikula pelindung sedikit terangkat. Mengeringkan rambut dengan handuk secara keras, mengikat dan menyisir rambut yang basah bisa membuat rambut jadi lebih rapuh. Sebaiknya, biarkan rambut agak sedikit kering sebelum disisir. Ketika mengeringkan dengan handuk pun harus berhati-hati, cukup dengan memukulkan handuk ke rambut secara perlahan-lahan.