5 Perubahaan Fisik yang Mungkin Pelajar Sekolah Alami Ketika Jadi Mahasiswa

By Natasha Erika, Selasa, 27 Februari 2018 | 12:00 WIB
5 Perubahaan Fisik Yang Mungkin Pelajar Sekolah Alami Ketika Jadi Mahasiswa (Natasha Erika)

Kebiasaan belajar ketika di bangku SMA dan kuliah saja udah berbeda. Gaya pacaran pelajar SMA dan mahasiswa pun berbeda. Gimana dengan perubahan kondisi tubuh kita? Bisa jadi ada perubahan juga, nih.

Girls, gaya hidup yang berubah memang membuat adanya beberapa perubahan fisik yang tanpa kita sadari alami ketika jadi mahasiswa nanti.

Ini dia 5 perubahan fisik yang mungkin pelajar sekolah akan alami ketika jadi mahasiswa. Setelah tahu perubahan tersebut, kita bisa mulai mencegahnya, girls!

Biasanya kita baik-baik aja kalau duduk di karpet berbulu, tapi sejak kuliah jadi gampang bentol-bentol di kulit. Hmm... Tanpa kita sadari, kita bisa mengalami perubahan fisik menjadi gampang alergi ketika jadi mahasiswa.

Kenapa bisa jadi alergi? Untuk kebanyakan orang, menjadi mahasiswa bisa jadi berpindah ke kota baru. Sehingga, kita mungkin akan mengalami perubahan lingkungan yang baru walau kita enggak berpindah jauh dari rumah.

Bentuk alerginya beragam bisa terhadap makanan, udara, pakaian, debu dan sebagainya. Ketika kita menjadi mahasiswa, kita bakal bertemu dengan hal-hal baru di luar rumah kita.

Makanan yang kita coba jadi lebih beragam, sehingga mungkin saja ada jenis makanan yang enggak cocok dengan tubuh kita. Atau, kebersihan lingkungan kosan. Kalau kita rajin membersihkan, mungkin bisa mengurangi debu dan kotoran yang memicu alergi.

Menurut Director of Health Education Vassar College, Renee Pabst, kenaikan berat badan ketika kuliah itu benar-benar normal. Renee menjelaskan kalau faktor mahasiswa bisa bertambah berat badan itu dikarenakan pubertas yang tertunda, gizi yang enggak seimbang dan kurang berolahraga.

Pubertas mempengaruhi cewek untuk membentuk tubuhnya, entah itu menjadi lebih besar atau enggak. Nah, pubertas yang terlambat bisa berlangsung hingga tahun awal kuliah.