8 Cara Menulis Email yang Benar Menurut Mantan CEO Google

By Astri Soeparyono, Kamis, 22 Oktober 2015 | 17:00 WIB
8 Cara Menulis Email yang Benar Menurut Mantan CEO Google (Astri Soeparyono)

Lewat buku terbarunya berjudul How Google Works, mantan CEO sekaligus executive chairman dari Google, Eric Schmidt, berbagi ilmu cara mengirim surat elektronik atau e-mail secara profesional. Ini dia 8 cara menulis email yang benar menurut mantan CEO Google.

(Baca juga: Menulis Cerita Pribadi Bisa Mengubah Perilaku)

Saran Schmidt, kita harus cepat merespons e-mail kepada semua orang tanpa memilih-milih siapa dia. "Dengan bersikap cepat tanggap, kita menciptakan komunikasi yang positif," tulis Schmidt.

Hal yang mengejutkan ternyata menulis e-mail dengan singkat dan padat lebih sulit daripada yang panjang. E-mail singkat, menurut Schmidt, berarti kita menghabiskan lebih banyak waktu berpikir untuk membalas dengan kalimat ringkas.

Schmidt mengingatkan singkatan OHIO (only hold it once), hapus e-mail Anda kalau enggak penting. "Kalau kita melakukan ini dengan tepat, maka e-mail kita akan menjadi daftar yang harus dikerjakan dengan isu yang kompleks dan memerlukan pemikiran lebih dalam."

LIFO adalah singkatan dari last in, first out. Selesaikan e-mail yang ada di bagian atas karena e-mail lama terkadang telah dilihat dan diambil alih oleh orang lain.

(Baca juga: Tips Imaginative Writing untuk Menulis Cerita Fiksi)