9 Fakta Tentang Feminisme Yang Remaja Perlu Tahu

By Natasha Erika, Rabu, 22 Juli 2015 | 17:00 WIB
9 Fakta Tentang Feminisme Yang Remaja Perlu Tahu (Natasha Erika)

Pasti kita udah sering mendengar kata feminis. Jangan salah, girls, feminis bukan berarti cewek itu jagoan dan lebih hebat dari cowok. Dan pasti bukan juga berarti anti cowok. Lalu, apa itu feminisme? Ini dia 9 fakta tentang feminisme yang remaja perlu tahu!

 

Feminis adalah sebuah gerakan yang muncul sekitar tahun 1910, awalnya menuntut agar cewek juga memiliki hak voting dalam pemilu. Ini yang disebut gerakan feminis gelombang pertama.

Gelombang kedua terjadi tahun 1960-an dan termasuk yang paling populer. Pada masa ini, kelompok feminis menuntut hak-hak yang lebih luas seperti hak pekerjaan, upah, seksualitas dan hak untuk bereproduksi. Intinya sih mereka menuntut agar cewek dibebaskan dari peran tradisional dari seorang ibu/istri/  anak cewek yang umumnya hanya mengurus rumah tangga dan keluarga.

Pada masa sekarang adalah feminis gelombang ketiga, kelompok ini menuntut pada isu yang lebih kompleks, seperti kekerasan dalam pacaran dan rumah tangga, hak cewek untuk bereproduksi dan gimana media memandang dan menggambarkan sosok cewek,yang masih sering hanya dijadikan objek.

9 Fakta Tentang Feminisme Yang Remaja Perlu Tahu