Memahami Arti Mimpi Buruk Yang Kita Alami

By Marti, Rabu, 18 Juni 2014 | 16:00 WIB
Memahami Arti Mimpi Buruk Yang Kita Alami (Marti)

Mengalami mimpi buruk saat tidur, menyeramkan bukan rasanya? Memahami arti mimpi buruk yang kita alami enggak terlalu sulit. Penelitian berhasil menemukan fakta ilmiah yang menjelaskan arti mimpi ini. Mari kita memahami arti mimpi buruk yang kita alami saat tidut.

Salah satu mimpi buruk yang sering dialami adalah mimpi dikejar. Kategori mimpi ini bisa berupa dikejar seseorang, sesuatu, diserang orang, hewan atau makhluk paranormal. Bila kita mengalaminya, berarti kita sedang mengalami stress atau ketakutan pada sesuatu yang terjadi pada diri kita. Misalnya, guru kita galak, orangtua abusive atau hubungan pacaran yang enggak sehat. Mimpi ini merupakan tanda diri kita enggak mampu menghadapi scenario terburuk dengan masalah hidup. Penelitian psikologis menemukan bila dalam mimpi kita merasa ketakutan, berarti kita sedang menghadapi masalah besar. Coba atasi dan selesaikan masalah kita supaya enggak dihantui mimpi buruk lagi.

Mimpi terjatuh menjelaskan kita sedang dilanda anxiety atau kecemasan tinggi sampai enggak bisa mengontrol diri kita. Tipe anxiety ini biasanya menyangkut masalah uang, hubungan dengan seseorang, karir, sekolah atau bullying. Studi mengungkapkan bahwa saat mimpi terjatuh kita sedang mengalami situasi yang menegangkan dalam kehidupan pribadi kita.

Biasanya yang paling sering mimpi terperangkap di suatu ruangan adalah penderita claustrophobia atau phobia ruang tertutup. Akan tetapi cewek normal seperti kita juga bisa merasakan hal yang sama saat mengalami jalan buntu menghadapi suatu masalah. Hasil peneliti yang dikemukakan ahli psikologis, bullying memiliki peran besar dalam mimpi buruk ini. Saat korban bullying menghadapi hubungan negatif atau rumor atau perlakuan buruk yang sulit mereka hindari, akan terbawa mimpi karena berada dalam tekanan teror terus menerus.

Saat bermimpi gigi kita tanggal dalam dunia psikologis artinya ada perasaan enggak nyaman dan aman terhadap diri sendiri. Mimpi ini memiliki makna kita dilanda kekhawatiran akibat judgement atau komentar orang lain mengenai penampilan fisik kita.