6 Kebiasaan Kecil yang Jadi 'Racun' Selama Pacaran

By Astri Soeparyono, Selasa, 20 Agustus 2013 | 16:00 WIB
6 Kebiasaan Kecil yang Jadi 'Racun' Selama Pacaran (Astri Soeparyono)

Waktu pacaran, pasti kita pengin bikin pasangan kita seneng. Tapi bukannya bikin seneng, kita malah bikin pacar kita diam-diam kesal. Ternyata banyak lho kebiasaan-kebiasaan 'kecil' yang selalu kita lakukan, yang bisa bikin pacar kita menjauh. Dari pada ujung-ujungnya putus, lebih baik kita lihat dulu nih contoh kebiasaan yang bisa jadi racun di hubungan kita sama si pacar.

Bukan hitung-hitungan siapa yang lebih suka traktir waktu nge-date ya, tapi hitung-hitungan kesalahan selama pacaran. Kadang kita suka enggak sadar kalau lagi berantem, kita suka mengungkit kesalahan di masa lalu. Misalnya dulu si pacar pernah ketahuan genit sama salah satu temen sekelas. Kita udah saling maaf-maafan dan bilang "Lupain aja ya." Tapi ketika berantem, masalah itu kita ungkit lagi buat memojokkan si pacar.

Girls, enggak ada orang yang suka dipojokkan walaupun ia ada di posisi yang salah, apalagi dipojokkan oleh kesalahannya di masa lalu. Start to forgive him and keep move on. Kalau kita terus-terusan mengungkit kesalahannya, bisa-bisa bukannya sadar dan menyesal, si pacar malah sebal dan minta putus.

Pernah nge-tweet "Punya pacar tapi berasa enggak punya deh." karena pacar kamu tipe cowok yang cuek banget? Duh, kayaknya udah enggak jaman deh main kode ke cowok. Kalau emang lagi ngerasa dicuekin, kita bisa langsung SMS atau telepon dia kok dengan bilang, "Aku pengen ketemu deh. Kayaknya enak kalau ketemuan dan makan bareng."

Jelas, singkat, dan cowok pasti mengerti. Udah bukan rahasia lagi kalau cowok itu makhluk anti-kode karena pikiran mereka itu cuek dan simple banget. Kalau terus-terusan main kode, bisa-bisa  kita yang sakit hati terus karena dianya juga enggak kasih respon.

Hampir sama kayak 'main kode.' Bedanya adalah hobi nyindir itu kita langsung ngomong ke orangnya tapi mendramatisasi keadaan dan kata-kata. Kita bisa aja ngomong, "Kamu akhir-akhir ini jarang ngasih kabar deh," waktu pacar lagi sibuk sama ekskul basketnya.

Namun kata-kata simple tadi kita putar-putar jadi, "Ih...aku paling enggak tahan deh sama cowok yang cuek, enggak pernah kasih kabar, dan enggak perhatian kayak kamu. Kamu udah enggak sayang ya?" Bukannya jadi perhatian, yang ada pacar kita malah capek ngeladenin sikap kita. Hiii.

Bukan perempuan deh kayaknya kalau enggak ngerasain yang namanya bad day, sekali dalam sebulan. Paling enggak pas kita lagi datang bulan. Rasa sakit di perut, kepala pusing, badan rasanya enggak enak, semuanya bikin kita uring-uringan. Lalu siapa sih yang paling sering kena getahnya? Pacar kita. Ya dijutekin, ya diomelin, ya didiemin, pokoknya mereka jadi target empuk buat melampiaskan rasa kesal kita.