Tanggal Cinta di Korea

By Astri Soeparyono, Rabu, 20 Maret 2013 | 16:00 WIB
Tanggal Cinta di Korea (Astri Soeparyono)

Tanggal 14 jadi tanggal kramat bagi orang Korea. Soalnya setiap bulan sepanjang tahun, semua orang merayakan tanggal 14 dengan penuh cinta.

 

Dikenal sebagai Diary Day. Di hari ini, sepasang kekasih atau sahabat saling bertukar diary. Diary diisi rencana dan cerita tentang hal yang mereka alami selama dua belas bulan mendatang. Fungsinya, supaya pasangan bisa saling jujur, mengingat berbagai momen penting dan saling menerima kekurangan masing-masing.

 

Di sebagian besar belahan dunia, Valentine's day adalah hari dimana cewek disayang banget sama cowok. Di hari itu, cowok-cowok menyiapkan kencan, membeli bunga atau hadiah. Tapi di tanggal 14 Februari di Korea, justru cewek yang memberi sesuatu kepada cowok. Biasanya cewek memberi cokelat, kue atau permen buatan sendiri untuk cowok yang mereka suka atau sayang.

Disebut juga White Day. Pada hari itu, cowok Korea membalas ungkapan dari cewek yang sebelumnya memberi hadiah di hari Valentine. Biasanya, cowok memberi hadiah dengan warna serba putih. Bunga mawar, boneka, mainan atau perhiasan adalah jenis hadiah yang populer di kalangan cowok-cowok.