5 Hal Menarik Tentang The Halal Guys, Pedagang Kaki Lima di Amerika Serikat

By Astri Soeparyono, Senin, 25 Januari 2016 | 17:00 WIB
5 Hal Menarik Tentang The Halal Guys, Pedagang Kaki Lima di Amerika Serikat (Astri Soeparyono)

The Halal Guys beroperasi dan berasal dari Amerika Serikat. Salah satu tempat berdagangnya adalah sudut perempatan, 53rd dan 6th Avenue di New York City, daerah Manhattan, persis di seberang Hotel Hilton, dari pukul 19.00 sampai pukul 04.00 dini hari. Kita bisa cari tahu lewat 5 hal menarik tentang The Halal Guys, pedagang kaki lima di Amerika Serikat.

Di gerobak penjualan, satu orang memotong-motong daging jadi sebesar pas satu gigitan: ada ayam, ada sapi dan domba (meatloaf yang dimasak ala Lebanon/Yunani dan disebut gyro). Daging ayam direndam dulu dalam bumbu perendam sebelum dipanggang, yang diurus oleh tim terdiri atas dua orang laki-laki juga di gerobak masak. Aromanya sedap terbawa tiupan angin malam.

Daging ditempatkan di piring(sesuai pesanan) lalu nasi basmati berwarna orange, salad, dan pita bread. Jangan bayangkan gaya Indonesia: nasi sepiring, dan lauk-pauknya hanya sepertiga dari porsi nasi. Satu porsi makanan The Halal Guys yang dihargai $6 alias Rp 83 ribu ini sebagian besar berupa daging (sesuai pilihan).

5 Hal Menarik Tentang The Halal Guys, Pedagang Kaki Lima di Amerika Serikat

Nasinya tersembunyi di bawah timbunan potongan daging yang bagaikan "gunung" berasap.Kepulan asapnya muncul saat daging ditaruh (lebih tepatnya "ditumpahkan" ke atas piring). Lalu dilemparkan juga sachet-sachet saus ke piring atau kantung plastik untuk take away. Ada dua macam, saus putih (terkenal sebagai "The White Sauce" yang legendaris) dan saus sambal, yang pedasnya enggak akan mengecewakan lidah Indonesia sekalipun.