8 Fakta Ilmiah Musik Bisa Mengobati Patah Hati

By Ifnur Hikmah, Minggu, 18 Maret 2018 | 11:17 WIB
Ini waktunya move on! (Ifnur Hikmah)

Salah satu cara yang kita lakukan untuk mengobati patah hati biasanya adalah mendengarkan musik. Entah itu musik sedih agar kita semakin larut dalam kesedihan atau musik up beat dan rock untuk meluapkan amarah yang terpendam. Ternyata, musik memang berpengaruh dalam proses penyembuhan patah hati. Untuk tahu lebih lanjut, cari tahu lewat 8 fakta ilmiah musik bisa mengobati patah hati.

(Baca juga: 7 Soundtrack Drama Korea Yang Menggambarkan Perasaan Saat Patah Hati)

Ternyata, musik yang kita dengarkan melekat erat di otak. Bahkan melebihi pengalaman hidup kita sendiri, seperti yang disampaikan oleh ahli neurologi Oliver Sacks. Beliau menambahkan bahwa musik bisa membangunkan emosi dan emosi tersebut bisa memutar kembali kenangan yang tersimpan dalam otak.

Menurut hasil penelitian yang diterbitkan di Journal of Consumer Research, kita umumnya lebih menyukai musik sedih ketika mengalami sesuatu yang menyedihkan dan kehilangan. Terutama, kehilangan di dalam sebuah hubungan.

Penelitian yang sama menunjukkan bahwa sebuah produk yang indah berperan penting dalam kebahagiaan dan hidup kita. Produk tersebut di antaranya musik, film, lukisan, dan novel. Hal tersebut dapat disesuaikan dengan mood dan perasaan kita. Misalnya, orang yang tengah frustasi atau marah banget sama seseorang cenderung memilih lagu rock. Sebaliknya, orang yang patah hati memilih lagu sedih yang bisa menguras air mata.

Penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa mendengarkan lagu sedih yang menguras air mata lebih dipilih sebagai cara menghadapi patah hati ketimbang menangis di pundak sahabat.

(Baca juga: