10 Cara Melawan PMS (Bagian 1)

By , Kamis, 8 Mei 2014 | 16:00 WIB
10 Cara Melawan PMS (Bagian 1) (cewekbanget)

Kenal dong sama Premenstrual Syndrome alias PMS. Berbagai keluhan seperti perut kembung, sakit kepala, bad mood, atau perubahan fisik dan emosional lainnya di satu atau dua minggu sebelum menstruasi. Pengin jauh dari PMS? Yuk coba 10 cara melawan PMS!

Berolahragalah untuk membantu meningkatkan mood dan melawan kelelahan yang kita rasakan. Untuk mendapatkan manfaatnya, berolahragalah secara teratur, enggak hanya ketika gejala PMS muncul. Lamanya berolahraga 30 menit setiap hari.

 

Makanan yang kaya vitamin B dapat membantu melawan PMS. Dalam satu studi, peneliti mengikuti lebih dari 2.000 wanita selama 10 tahun. Mereka menemukan bahwa cewek yang mengonsumsi makanan tinggi tiamin (daging babi, kacang brasil) dan riboflavin (telur, produk susu) lebih kecil kemungkinannya mengalami PMS. Kita enggak akan mendapatkan manfaat yang sama jika hanya memenuhi asupan vitamin B melalui suplemen.

 

Bagi banyak cewek, bagian terburuk dari PMS adalah suasana hati yang tak menentu. Menjelang menstruasi, cewek kadang merasakan iritabilitas, mudah marah, menjadi cengeng dan mudah menangis, depresi, dan kecemasan yang datang dan pergi. Beberapa cewek bahkan memiliki masalah dengan memori dan konsentrasi selama waktu ini. Lakukanlah hal-hal yang menyenangkan untuk mengalihkan perhatian kita dari bad mood.

Karbohidrat kompleks, seperti roti gandum dan sereal, mengandung banyak sekali serat. Mengkonsumsi banyak serat bisa menjaga gula darah, juga mengurangi perubahan suasana hati yang negatif dan ngidam. Produk gandum juga mengandung vitamin B, tiamin, dan riboflavin.