7 Rahasia Belajar Lebih Efektif (Bagian 2)

By , Minggu, 13 April 2014 | 16:00 WIB
7 Rahasia Belajar Lebih Efektif (Bagian 2) (cewekbanget)

Duh, sering susah hafal atau menyerap materi kalau lagi belajar nih! Kalau gitu, boleh banget coba beberapa tips ini biar belajar kita lebih efektif.

 

Setelah belajar, coba tes diri sendiri dengan soal-soal materi yang baru dipelajari. Soalnya hal ini lebih efektif untuk membantu kita mengingat materi yang sudah dipelajari dan menyimpannya sebagai memori jangka panjang, daripada cuma dengan menghafalnya berulang-ulang.

 

Belajar itu bukan proses yang mesti berjalan sempurna. Terkadang saat menghafal atau mengerjakan soal latihan, kita lupa hal yang baru dipelajari. Daripada terus memaksa otak untuk mengingat jawabannya, lebih baik langsung lihat saja jawabannya. Soalnya semakin lama kita menghabiskan waktu buat mengingat jawaban atau materi yang kita lupa, semakin besar kemungkinan otak kita benar-benar melupakan materi itu untuk ke depannya. Dan ada kemungkinan otak kita malah jadi mengingat materi yang salah.

 

Beberapa pakar pendidikan dan psikolog menemukan fakta kalau mengajarkan materi yang sudah kita pelajar pada orang lain bisa meningkatkan pemahaman dan daya ingat kita tentang memori tersebut. Jadi enggak ada salahnya kalau kita belajar dengan cara mengajarkan materi yang sudah kita kuasai pada teman.