Kenali Bahaya Fomo Phobia

By , Kamis, 21 November 2013 | 16:00 WIB
Kenali Bahaya Fomo Phobia (cewekbanget)

Saking asyiknya berinteraksi di media sosial, kita sampai mengeceknya satu menit sekali. Gadget jadi bagian tak terlepaskan dari kita sejak bangun tidur sampai tidur lagi. Oh, no!

Enggak tenang sebelum mengetahui apa yang terjadi dan teman-teman bicarakan di media sosial, bahkan kita sampai mengeceknya setiap menit? Terus-terusan memantau handphone buat menunggu notification dan meng-update semua kegiatan kita ke berbagai media sosial?

Hmmm, kayaknya kita mengalami atau yang lebih dikenal dengan sebutan FOMO. Salah satu bentuk fobia ini merupakan ketakutan berlebihan akan ketinggalan informasi dan hal-hal yang terjadi di dunia maya.

Seorang penderita FOMO sendiri biasa mengecek media sosial mereka setiap 30 detik sampai lima menit sekali dalam sehari. Penelitian dari Melbourne's Victoria University menunjukkan, masalah ini

Sebelum munculnya teknologi media sosial, orang-orang sulit mendapatkan informasi tentang kegiatan yang dilakukan orang lain. Nah, karena sekarang hal itu mudah didapat dari media sosial, orang-orang justru enggak bisa lepas dan takut ketinggalan dengan apa yang terjadi di dunia maya.

Beberapa di antara kita kadang merasa iri waktu melihat foto-foto Instagram teman kita yang lagi melakukan kegiatan menyenangkan, sementara kita hanya diam di rumah sambil mengecek media sosial. Hal itu dialami juga sama penderita FOMO, girls. Selagi mengecek media sosial, p Menurut penelitian dari Duke University-Amrik, kita yang menderita FOMO merasakan hal itu karena enggak mau melihat kehidupan orang lain yang lebih baik dari kita. Kita bakal merasa ragu sama diri sendiri dan merasa hidup kita enggak seasyik orang lain.

Lebih parahnya lagi, kita Kita jadi takut untuk memutuskan segala tindakan yang bakal kita lakukan ke depannya. Perasaan kayak tadi muncul, karena pikiran kita didominasi oleh kehidupan orang lain. Kita jadi enggak bisa memanfaatkan waktu kita sendiri dengan maksimal.

Masalah memanfaatkan waktu memang jadi hal yang enggak bisa diatasi oleh penderita FOMO. Ketakutan kalau kita melewatkan hal-hal yang terjadi di dunia maya membuat kita Kita jadi berusaha menggabungkan kegiatan kiat dengan pengecekan media sosial dalam satu waktu, girls. Menurut sebuah penelitian dari University of Essex Inggris, sebagian siswa yang menderita FOMO mempunyai masalah dalam menyetir. Rata-rata mereka menyetir sambil mengecek Facebook dan email. Duh, bahaya banget!

Kalau kita bisa mengontrol diri untuk enggak mengecek media sosial sebentar saja, waktu kita bisa jadi lebih berkualitas, lho. Waktu sepuluh menit saja bisa kita pakai buat , seperti bersepeda atau baca novel. Dengan menyisihkan waktu sedikit demi sedikit untuk melakukan kegiatan lain, kita bisa melupakan rasa iri gara-gara melihat kegiatan-kegiatan teman kita di media sosial.