Ngobrolin Seks Sama Ortu

By , Selasa, 19 Februari 2013 | 16:00 WIB
Ngobrolin Seks Sama Ortu (cewekbanget)

Kita memang dibesarkan dengan budaya yang menganggap seks itu sebagai sesuatu yang tabu sekaligus sakral. Saking tabu dan sakralnya kita jadi enggak bebas mendiskusikannya. Padahal, hal ini penting kita ketahui biar enggak salah langkah. Daripada cari jawaban sendiri dari film atau ngobrol enggak jelas sama teman, lebih baik tanya langsung sama orangtua kita. Sebelum mulai diskusi sama orangtua, contek dulu tips berikut ini.

 

Pastikan kita dan orangtua dalam keadaan santai dan enggak badmood. Kalau mereka lagi sibuk atau lelah, lebih baik ditunda dulu.  Pilih juga tempat yang nyaman dan sepi sehingga orangtua enggak malu ketika harus menjawab pertanyaan kita. Orangtua juga bisa gelagapan dan malu ketika ditanya sesuatu yang enggak biasa diobrolin.

 

Perhatikan intonasi bicara saat bertanya. Tunjukkan kalau kita memang ingin tahu atas nama ilmu pengetahuan dan kedewasaan. Bicara dengan tenang dan lembut. Enggak ada salahnya sebelum ngomong serius, beberapa hari sebelumnya kita ngobrolin sepintas dulu. Orangtua pun akan lebih siap menjawab pertanyaan, ketika kita benar-benar serius mau mendiskusikannya.

Gunakan kalimat yang jelas. Hindari kalimat seperti: 'Yah, yang kayak gitu, deh!'  Kesannya kita cuma penasaran dan enggak menunjukkan kalau kita sudah cukup dewasa untuk mendapat sex education. Gunakan kata yang formal dan ilmiah. Contek aja dari buku biologi yang membahas organ reproduksi atau dari artikel-artikel W edisi ini. Orangtua akan yakin kalau kita memang ingin tahu dari sudut pandang ilmu pengetahuan, bukan karena pengin coba mempraktekannya.

Sebagai pembuka, kita bisa bilang: 'Ma, tadi aku baca ini, tapi banyak bagian yang enggak ngerti. Mama bisa bantu jelasin lagi enggak?'  Film atau berita di koran pun bisa jadi contoh. Misalnya: 'Ma, aku habis nonton film Juno.  Kenapa, ya, cewek seumuran aku bisa hamil?'