Diet Trend: Food Combining

By , Kamis, 24 Januari 2013 | 16:00 WIB
Diet Trend: Food Combining (cewekbanget)

Girls, sekarang ini banyak banget lho konsep makan sehat yang bisa bikin badan kita lebih sehat dan berat badan kita pun berkurang. Salah satunya adalah food combining.

for weight and health

Food combining adalah salah satu konsep diet yang diperkenalkan oleh Dr. William Howard Hay dari Amerika Serikat. Awalnya diet ala food combining dilakukan oleh Dr. Hay untuk mengurangi berat badannya sendiri. Namun penelitian lebih lanjut menemukan kalau penerapan food combining dengan benar bisa membebaskan kita dari penyakit-penyakit berat seperti darah tinggi, ginjal kronis, dan pembengkakan jantung.

Konsep food combining sendiri mengacu pada fakta kalau setiap kelompok makanan memiliki waktu cerna tersendiri. Karena kalau kita terbiasa mengkonsumsi satu kelompok makanan maka penyerapan nutrisinya bisa jauh lebih efektif dan memudahkan pencernaan.

food group

Diet food combining tidak menyarankan orang-orang untuk menyantap nasi, lauk pauk, sayuran, dan buah sekaligus dalam 1 jam makan. Karena setiap kelompok makanan yang akan dicerna memerlukan enzim cerna yang berbeda-beda. Beberapa kelompok makanan memerlukan zat asam sedangkan lainnya membutuhkan zat alkali. Dan ketika makanan yang tidak satu kelompok dikonsumsi bersamaan, alkali dan asam bertemu sehingga menetralisir satu sama lain dan akhirnya menghambat pencernaan.

Dr. Stanley Bass merekomendasikan agar mengonsumsi makanan yang mengandung banyak air (air, buah-buahan, dll) terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan mengonsumsi jenis makanan yang lebih sedikit mengandung air.

Let's Combine

Kalau mau mencoba diet food combining kita bisa mencoba beberapa kombinasi sederhana yang sudah di anjurkan para ahli.

Pertama, makan buah dua jam sebelum makan besar. Buah adalah kelompok makanan paling mudah dicerna oleh tubuh. Coba deh, konsumsi buah sebelum makan agar bisa meringankan kerja lambung saat mencerna makanan.

Kedua, tidak menggabung buah Melon. Saat mengkonsumsi buah-buahan coba untuk tidak menggabungkan buah-buahan yang kaya mineral seperti melon atau semangka dengan buah lainnya seperti pisang atau pepaya. Karena membutuhkan zat yang berbeda ketika menghancurkan kedua jenis buah ini di dalam lambung dan menggabungkannya bisa memberatkan proses pencernaan.