15 rumus (enggak) batal puasa

By , Minggu, 31 Juli 2011 | 16:00 WIB
15 rumus (enggak) batal puasa (cewekbanget)

Saking mau ngejar pahala puasa, kita percaya saja sama semua omongan orang tentang hal-hal yang katanya bisa ngebatalin puasa. Nah, biar enggak salah kaprah, W sengaja bertanya pada yang sering mengisi ceramah buat remaja di sekolah-sekolah, apa saja sih hal-hal yang bisa dan tidak bisa kita lakukan supaya puasa enggak batal...

Nangis enggak bikin batal puasa. Kecuali pas kita nangis, airmata turun ke mulut, terus tertelan. He he he. Itu baru ngebatalin puasa. Kalau kita nangis sampai lemas dan membutuhkan asupan makanan, misal ada keluarga yang meninggal, lebih baik batalkan saja.

Menggosok gigi ketika puasa bisa dikatakan makruh. Artinya kalau kita kerjakan, ya, enggak apa-apa. Tapi akan lebih baik kalau ditinggalkan.

Kalau berdarah, tapi enggak parah lukanya, dan tidak membuat kita kehilangan tenaga, ya, berikan saja sedikit obat merah.  Kecuali kalau luka tersebut bikin kita sakit dan memar-memar, lebih baik batalkan saja puasanya.

Akan batal kalau kita kumpulkan air ludah, terus ditelan. Nah, itu baru batal, karena niatnya sengaja menelan air. Tapi enggak akan batal kalau kita tanpa sengaja menelan ludah. Itu, sih, enggak bikin kita batal puasa.