5 Beasiswa S1 di Korea Selatan yang Bisa Didapatkan Calon Mahasiswa Dari Indonesia

By Aisha Ria Ginanti, Selasa, 27 Februari 2018 | 10:46 WIB
sumber: dramafever.com (Aisha Ria Ginanti)

Enggak bisa dipungkiri kalau demam hallyu wave, bikin banyak dari kita yang jadi pengin kuliah di Korea Selatan, apalagi tingkat pendidikan Korea termasuk papan atas di dunia.

Untuk yang pengin bisa kuliah di Korea tapi kurang punya modal besar, enggak ada salahnya kita mencari jalur beasiswa.

Ini dia 5 beasiswa S1 di Korea Selatan yang bisa didapatkan calon mahasiswa dari Indonesia.

Ini adalah beasiswa yang diselenggarkan oleh pemerintah Korea Selatan dan termasuk beasiswa yang paling banyak diincar.

Organisasi pendidikan pemerintah Korea Selatan, NIIED (National Institute for International Education) membuka kesempatan untuk dua orang mahasiswa Indonesia setiap tahunnya untuk bisa melaksanakan kuliah secara gratis total (penuh), baiya untuk tiket pesawat pulang-pergi bahkan mendapat uang saku sebesar 800.000 won (Rp9 juta) perbulan selama 5 tahun di Korea(1 tahun kursus bahasa Korea dan 4 tahun kuliah S1).

Ada 51 universitas yang menerima beasiswa ini, termasuk universitas-universitas terbaik di Korea, jadi kita bisa menentukan dulu mana universitas dan jurusan yang kita inginkan namun persaingannya juga sangat tinggi. Pendaftaran dibuka Maret – September untuk masa kuliah tahun depannya.

Sesuai dengn namany, universitas yang satu ini memang khusus cewek. Ewha menyediakan banyak jenis beasiswa untuk mahasiswa internasional yang baru akan memulai kuliah S1. Di antarnya EGPP (Ewha Global Partnership Program) IES (International Exchange Scholarship), Ewha Language Center Scholarship in Excellence in Korean Language dan beberapa program kerjasama dengan negara atau univesitas di berbagai negara.

Besarnya beasiswa dan fasilitas yang didapatkan tentu saja berbeda untuk setiap program. Yang pasti Ewha adalah salah satu universitas ternama di Korea yang memiliki lebih dari 69 jurusan, di mana yang paling terkenal adalah literatur, bisnis dan ekonomi (kelas berbahasa Inggris) namun ada juga jurusan terkenal lainnya seperti Bahasa Korea, Komunikasi dan Media juga  Seni dan Desain.