14 Makanan Yang Sering Muncul di Variety Show & Drama Korea yang Harus Kita Coba

By Aisha Ria Ginanti, Kamis, 1 Maret 2018 | 02:30 WIB
sumber: baomoi.com (Aisha Ria Ginanti)

Para pecinta serial drama dan variety show Korea pasti sering banget melihat berbagai jenis makanan khas Korea di drama tersebut. Memang di setiap drama atau variety show, orang Korea suka banget mempelihatkan kenikmatan makanan mereka, karena kultur kuliner mereka juga sangat kuat.

Di antara sekian banyak makanan tersebut, ada 14 makanan yang sering muncul di variety show dan drama Korea yang harus kita coba kalau kita makan di restoan Korea.

Orang Korea punya kebiasaan untuk jajan alias makan makanan ringan yang dijual di tenda atau foodtruck pinggir jalan. Salah satu menu yang paling sering dipesan tentunya adalah ddeokbokki. Ini adalah kue beras yang dimasak dengan saus bumbu pedas terbuat dari gochujang. Teksturnya kenyal dan pastinya mengenyangkan.

Sama dengan Ddeokbokki, eomuk juga sering dijual bersamaan di food truck atau warung tenda pinggir jalan. Makanan ini sebenarnya sama dengan Oden asal Jepang, alias fish cake. Seperti otak-otak yang tentunya terbuat dari ikan, hanya saja leih lemut karena direbus dan disajikan dengan kuah gurih yang panas.

Hampir semua drama Korea pasti ada adegan makan ramyun atau ramen instannya. Baik yang langsung seduh  atau pun dimasak dipanci kemudian dimakan bareng-bareng, pakai mangkuk kecil atau tutup pancinya. Ramen instan Korea yang paling terkenal biasanya adalah yang bermerk Shin ramyun.

Sebenarnya ini bisa kita buat sendiri di rumah, tapi kalau pengin punya pengalaman makan yang lebih autentik bisa pergi ke restoran Korea yang menyajikan ramen lengkap dengan panci aluminum berwarna emas khas variety show atau drama Korea.