4 Hal Enggak Terduga Ini yang Bikin Menstruasi Enggak Teratur

By Debora Gracia, Kamis, 26 Oktober 2017 | 13:21 WIB
Coba perhatikan, mungkin aja menstruasi kita enggak teratur karena ini. (Debora Gracia)

Normalnya, siklus menstruasi kita terjadi 21-35 hari sekali dengan lama waktu menstruasi sekitar 3-7 hari. Namun enggak jarang kita mengalami siklus menstruasi yang enggak teratur, misalkan dua bulan sekali atau bahkan sebulan sampai dua kali menstruasi. Sebenarnya, kita enggak perlu merasa takut selama enggak ada penyakit yang serius. Tapi, inilah penyebab-penyebab menstruasi kita jadi enggak teratur, girls.

Inilah penyebab paling utama kenapa menstruasi kita jadi enggak teratur. Menurut dokter spesialis kandungan Kolonel Dr Frits Max Rumintjap, SpOG(K), penyebab utama menstruasi enggak teratur adalah hormon yang enggak stabil. Keseimbangan hormon merupakan hasil dari suatu kerjasama antara otak, kandung telur, kelenjar di otak, serta kelenjar tiroid. Bila terjadi gangguan dalam peredaran hormon tersebut bisa menyebabkan siklus menstruasi kita terganggu.

Kenaikan berat badan ataupun penurunan berat badan secara drastis bisa menyebabkan menstruasi jadi enggak teratur. Hal ini dikarenakan adanya gangguan tiroid pada tubuh kita dan dapat menyebabkan kenaikan berat badan, siklus mens enggak teratur, dan sering lesu. Gangguan pola makan seperti anoreksia nervosa dan bulimia juga bisa bikin menstruasi jadi enggak teratur.

(Baca juga: 5 Penjelasan di Balik Warna Darah Ketika Kita Menstruasi)

Kondisi psikologis juga berpengaruh pada siklus menstruasi kita. Banyak pikiran dan stres dapat mengganggu siklus menstruasi kita. Dokter spesialis kandungan Alyssa Dweck, M.D., seperti dikutip dari Women's Health menjelaskan bahwa hypothalamus, salah satu bagian dari otak sangat terpengaruh oleh stres. Hypothalamus adalah tempat berkumpulnya hormon-hormon yang mengatur siklus mens. Jadi ketika stres mengganggu hypothalamus maka produksi hormon pun jadi enggak seimbang.

(Baca juga: Atasi Nyeri Saat Menstruasi dengan Konsumsi 7 Makanan & Minuman Ini!)

Pola makan dan olahraga kita juga berpengaruh pada siklus menstruasi kita. Olahraga yang terlalu berat bisa menyebabkan siklus menstruasi terganggu, begitu juga dengan pola makan yang enggak sehat. Hal terbaik untuk menjaga siklus menstruasi kita adalah dengan pola makan makanan sehat dengan olahraga yang seimbang.