6 Cerita Seleb Kpop Non Korea Tentang Beradaptasi di Tempat Baru

By Ifnur Hikmah, Jumat, 2 Maret 2018 | 14:30 WIB
Foto: fyeahmarktuan.tumblr.com (Ifnur Hikmah)

Seleb berikut jauh-jauh datang ke Korea demi mewujudkan impian mereka menjadi penyanyi. Namun, perbedaan budaya dan kebiasaan antara kampung halaman mereka dengan Korea membuat mereka kesulitan beradaptasi di masa awal tinggal di Korea.

Simak 6 cerita seleb Kpop non Korea tentang beradaptasi di tempat baru, dan kita bisa mengambil pelajaran dari pengalaman mereka.

(Baca juga: Rahasia Punya Berat Badan Ideal Tapi Tetap Sehat dari 3 Seleb Korea

Mark pindah ke Korea setelah enggak sengaja di-casting saat sedang main-main di sekolahnya di Los Angeles. Waktu datang ke Korea, dia masih berumur tujuh belas tahun. Mark menjalani masa trainee selama tiga tahun enam bulan sebelum akhirnya debut.

“Aku sempat merasa kesulitan karena enggak bisa berkomunikasi dengan member lainnya. Namun, karena ada beberapa orang di perusahaan yang berasal dari Amerika, aku bisa berbicara dengan mereka dan perlahan-lahan mengenal budaya Korea. Di antara member Non Korea lainnya (Jackson dan BamBam), aku yang beradaptasi paling cepat,” aku Mark.

Pengalaman hidup berpindah-pindah sejak kecil membuat Mark enggak terlalu kaget dengan tempat baru.

Member TWICE ini berasal dari Jepang. Karena suka Kpop, Mina pun semangat banget ketika lolos audisi di JYP Entertainment. Meski untuk itu, dia harus berhenti latihan balet yang sudah ditekuninya selama sebelas tahun dan pindah ke Korea.

“Aku gugup banget ketika harus pindah ke Korea. Itu sangat menyeramkan karena aku enggak bisa berbahasa Korea. Tapi, menjalani hari-hari sebagai trainee, ada banyak member yang menjagaku dan menolongku, sehingga lama-lama rasanya menyenangkan,” jelas Mina. Selain Mina, ada dua member TWICE lainnya yang berasal dari Jepang, yaitu Momo dan Sana.

Ten berasal dari Thailand dan datang ke Korea ketika berumur empat belas tahun. Ten menjalani masa training selama enam tahun sebelum akhirnya debut bersama NCT U. Karena impiannya adalah menjadi penyanyi, Ten berusaha keras untuk bisa beradaptasi di Korea dengan budaya dan kebiasaan yang berbeda jauh dengan Thailand.