Lakukan 5 Hal Ini Saat Kita Gagal Lulus SBMPTN 2018. Tetap Semangat!

By Ifnur Hikmah, Selasa, 13 Juni 2017 | 00:15 WIB
Foto: koreandramalovers.blogspot.com (Ifnur Hikmah)

Setelah ikut ujian SNMPTN dan SBMPTN untuk bisa masuk ke perguruan tinggi, ternyata kita masih gagal. Eits, enggak usah sedih, girls.

Karena masih banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mewujudkan cita-cita meskipun kita gagal lulus SBMPTN tahun ini. Yuk pertimbangkan lagi enam hal yang bisa kamu lakukan kalau gagal lulus SBMPTN 2018.

Mengikuti ujian mandiri

Selain SBMPTN, masih ada ujian masuk perguruan tinggi lain yang bisa kita coba, yaitu Ujian Mandiri. Ujian Mandiri merupakan ujian masuk yang diadakan sendiri oleh universitas yang bersangkutan.

Sehingga, kita masih punya kesempatan untuk masuk ke universitas incaran dengan cara mengikuti ujian mandiri ini.

Kuliah di universitas swasta

Universitas negeri bukan satu-satunya tempat menuntut ilmu. Ada banyak universitas swasta dengan kualitas pendidikan yang enggak kalah bagusnya dengan universitas negeri dan menyediakan jurusan yang kita inginkan. Jika gagal SBMPTN, kita bisa mencari informasi soal universitas swasta yang cocok dengan kita.

(Baca juga: Cara Alumni LPDP Berkontribusi Buat Indonesia. Enggak Semua 'Kabur' Kok!)

Mencoba kuliah D3/sekolah vokasi

Kesuksesan sebenarnya bukan dinilai dari dari mana tempat kita kuliah, tapi seberapa besar kita menggeluti bidang yang kita sukai dan bagaimana cara menghadapi dunia kerja.

Mencoba kuliah D3 atau sekolah vokasi akan memberikan kita banyak pengetahuan tentang dunia kerja dan enggak hanya sebatas teori saja. Nah, ini bisa jadi pilihan kita kalau gagal masuk SBMPTN.

Mengikuti SBMPTN tahun selanjutnya